Pariwisata

Mantap! Mandeh Menjadi Destinasi Sport Tourism Unggulan Sumbar

JAKARTA (MR) - Kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi destinasi wisata sport tourism unggulan Sumatera Barat (Sumbar).
 
“Sumbar sudah lama memiliki event lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) yang melintasi hampir ke seluruh kota dan kabupaten. Kini Sumbar memiliki Mandeh sebagai destinasi sport tourism yang akan mengawali dengan event lomba lari Mandeh BRI Mandeh Run 2019,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta belum lama ini.
 
Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 dalam rangka mempromosikan Mandeh yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan mengandalkan wisata bahari sebagai atraksi unggulannya. “BRI Mandeh Run 2019 sangat efektif untuk mempromosikan pariwisata Mandeh. Lomba lari ini akan diikuti 2.000 peserta, 100 peserta di antaranya atlet mancanegara yang juga sebagai endorser akan memiliki media value tinggi dan menjadi ajang promosi yang sangat efektif," kata Menpar.
 
Tokoh penggerak Kawasan Wisata Mandeh, Andrinof A Chaniago mengatakan, penyelenggaraan BRI Mandeh Run 2019 yang diiniasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerjasama dengan Karambia Runners dan BRI Runners serta didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai upaya mempromosikan keindahan Mandeh.
 
“Penyelenggaraan event sport tourism ini untuk menguatkan Mandeh sebagai destinasi wisata olahraga sekaligus mengenalkan jalan baru sepanjang 43 kilometer yang baru selesai dibangun,” kata Andrinof.
 
Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni menjelaskan, kawasan wisata Mandeh menyuguhkan gugusan pulau membentang melingkar seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan. Ini merupakan kawasan wisata bahari terpadu yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli 2015 lalu. “Kawasan wisata Mandeh menjadi ikon baru pariwisata Sumbar,” kata Hendra Joni.
 
Lomba lari BRI Mandeh Run 2019 akan berlangsung pada 3 Maret 2019 di kawasan outdoor Amphitheatre Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan dan diikuti 2.000 pelari, termasuk 300 wisatawan dari dalam negeri dan mancanegara. Para pelari yang terbagi dalam kategori 5K, 10K dan 21K akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan hadiah hingga Rp400 juta sambil menikmati keindahan alam Mandeh berupa pantai, bukit, dan kuliner serta budaya dan keramahtamahan masyarakatnya. (Inews.id)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan