Riau

Dishub Dumai Ingatkan Supir Truk Ampas, Bes dan Cangkang

Kepala Seksi Pengembangan Keselamatan (PENKES) Dinas Perhubungan Kota Dumai Adi Siswanto S.Sos, M.IP (foto: Man Kpk)
DUMAI (MR) - Peraturan mengenai kelengkapan keamanan kendaraan pengangkut Ampas, Bes dan Cangkang nampaknya sering dilanggar oleh supir truk.
 
Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Keselamatan (PENKES) Dinas Perhubungan Kota Dumai Adi Siswanto S.Sos, M.IP, Kamis (17/1/2019) kepada monitorriau.
 
Aspek keamanan yang sering dilanggar para supir truk adalah tidak memasang terpal dan kurangnya safety pada truk pengangkut tersebut.
 
Tentu saja dengan tidak lengkapnya peralatan pengamanan ini dapat merugikan pengguna jalan yang lainnya. 
 
Contoh yang dikatakan Adi adalah berseraknya barang bawaan mereka kejalan, ini tentu saja dapat membahayakan pengendara roda dua karena bisa mengakibatkan para pengendara terpeleset.
 
Untuk mengantisipasi ini, pihak Dishub dalam hal ini dilaksanakan Bidang Penkes sudah beberapa kali melakukan himbauan, penertiban bahkan sampai penilangan.
 
Namun masih saja banyak para supir yang masih tetap saja melanggar. Ia pun meminta peran perusahaan dan para pelansir dalam mengawasi truk-truk tersebut.
 
"Kita sudah banyak menindak para supir truk yang bermasalah ini tapi entah mengapa masih saja ada yang melanggarnya," kata adi.
 
Adi juga menambahkan bahwa pihak mereka akan tetap melakukan patroli keamanan sepanjang jalur keluar masuk truk-truk ini.
 
Kasi Penkes ini pun mengungkapkan faktor terpenting dalam hal ini adalah kepedulian dan ketertiban supir truk itu sendiri.
 
Bahkan ia pernah menjumpai salah satu supir truk yang mengakali keselamatan dan ketertiban ini seperti saat sudah mau sampai ketujuan para supir truk ini baru memasang terpal.
 
"Beberapa waktu lalu kami pernah memergoki supir truk yang baru memasang terpal saat mau sampai di tujuannya, padahal saat mereka di jalan tadi tak dipasangnya," sampainya.
 
Adi mengatakan tentu saja ini prilaku yang sangat miris dan berbahaya yang dilakukan oleh supir truk tersebut.
 
"Miris lihat tindakan supir truk ini, karena prilakunya berbahaya tetap akan kita tindak. Dan jika kita menemukan supir-supir lain yang mengabaikan faktor keselamatan seperti ini akan tetap kita tindak sesuai peraturan yang berlaku," katanya.
 
 
Penulis: Didin Marikhan




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan