Riau

Saka Wira Kartika Kodim 0320/Dumai Terima 203 Anggota Baru

DUMAI (MR) - Sabtu, 19 Januari 2019 bertempat di SMKN 5 DUMAI Jl. Gatot Subroto Km 9 Kel. Mekarsari Kec. Dumai Selatan Kota Dumai dilaksanakan pengukuhan anggota Pramuka baru tingkat Penegak.

Anggota baru yang dikukuhkan berjumlah 203 orang, anggota baru tersebut dikukuhkan menjadi anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0320/Dumai.

Kegiatan Pengukuhan ini diawali upacara bendera pada pkl 07.30 Wib di Lapangan upacara SMKN 5 DUMAI.

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kepala Sekolah SMKN 5 DUMAI Drs. Akhmad Zuhri.

Setelah upacara bendera selesai dilaksanakan dilanjutkan dengan pemberian materi Kepramukaan kepada calon Penegak Saka Wira Kartika.

Materi yang diberikan antara lain bongkar pasang tenda,smapore,sandi,pionering dan menaksir.

Pelatih yang memberikan materi adalah pelatih dari Kodim 0320/Dumai yang sudah memiliki kualifikasi   Kepramukaan tingkat Dasar maupun Lanjutan.

Mereka adalah Sertu Eko Saparianto, Serda Sutarno, Serda Abu Kasim dan Serda Hendra.

Pada pukul 22.30 Wib baru dilaksanakan upacara pengukuhan bertempat di lapangan upacara SMKN 5 DUMAI.

Pada upacara pengukuhan ini Drs.Akhmad Zuhri selaku Inspektur upacara membacakan Try Satya Pramuka yang diikuti oleh 203 orang anggota baru, dengan demikian maka anggota baru tersebut telah resmi menjadi anggota Penegak Pramuka Saka Wira Kartika, Gudep 0717 dan 0718.

Drs. Akhmad Zuhri selaku Kepala Sekolah SMKN 5 DUMAI ketika dimintai keterangan menyampaikan kegiatan Pramuka ini merupakan salah satu ekstra kurikuler yang sangat bermanfaat bagi siswa. 

Selain melatih disiplin juga melatih siswa belajar bersosialisasi, berorganisasi dan tentunya belajar memimpin dan dipimpin 

Pada kesempatan itu juga Drs. Akhmad Zuhri menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kodim 0320/Dumai yang sudah bekerjasama dengan SMKN 5 Dumai mulai dari awal sampai dengan selesai kegiatan ini.

Secara terpisah Dandim 0320/Dumai melalui Pasiter Kapten Arh M.I Daulay menyampaikan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program dari Kodim 0320/Dumai dalam rangka membina generasi muda melalui kegiatan Pramuka.

Anggota Pramuka Saka Wira Kartika akan diberikan materi Kepramukaan dan juga tentang Wawasan Kebangsaan

Dengan bergabungnya Gudep 0717 dan 0718 maka akan menambah anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0320/Dumsi yang saat ini berjumlah kurang lebih 540 anggota.

Untuk kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika akan kita laksanakan secara  terus-menerus setiap hari Jumat betempat di Makodim 0320/Dumai, imbuh Kapten Daulay. (Din/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan