Riau

Diwacanakan, Masjid An-Nur di Kelola Penuh Provinsi

PEKANBARU (MR) - Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasim mewacanakan agar Masjid An-Nur di Jalan Hang Tuah Pekanbaru dikelola penuh oleh Pemerintah Provinsis Riau. Hal ini dilakukan agar ada penganggaran secara jelas untuk masjid tersebut supaya bisa dikelola secara baik.

"Termasuklah Masjid An-Nur itu tengah kita pikirkan apa yang terbaik. Supaya kucuran anggaran pemerintah daerah bisa maksimal ke sana," ungkapnya, kepada bertuahpos.com, Jumat, 25 Januari 2019 di Pekanbaru.

Dalam rancangan sementara yang tengah dirumuskan, kata Wan Thamrin, kemungkinan akan dibentuk sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) bernaung di bawah Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provisni Riau. Dengan demikian penganggaran dana untuk masjid ini menjadi jelas.

Wan Thamrin bahkan sudah menyuruh beberapa staf di BPKAD untuk melakukan studi banding ke Semarang dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mempelajari bagaimana pengelolaan masjid di daerah itu. 

"NTB itu sangat bagus pengelolaan masjidnya. Kami Pemprov Riau menginginkan bagaimana An-Nur bisa dikelola seperti itu," ujarnya.

Sebagai contoh, Masjid Islamic Centre di NTB memang sudah membentuk UPT untuk pengelolaan masjid tersebut yang nantinya perlu dilakukan proses verifikasi ke Kementerian Agama (Kemenag) RI. Format pengelolaan seperti itu bahkan sudah dipersiapkan sebelum masjid ini selesai pada tahun 2016 lalu. (Bertuahpos)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan