Riau

Kodim 0320/Dumai Gelar Sosialisasi Netralitas TNI

Sosialisasi Netralitas TNI
DUMAI (MR) - Selasa, (29/1/2019) pagi, bertempat di Aula Sudirman Kodim 0320/Dumai Jalan Sutan Syarif Kasim Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur, Kodim 0320/Dumai melaksanakan Sosialisasi Netralitas TNI.
 
Kegiatan Sosialisasi Netralitas TNI dihadiri oleh Kasdim 0320/Dumai Mayot Inf Hasan Ibrahim, Perwira Staf Kodim, Danramil, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 0320/Dumai.
 
Kegiatan diawali dengan laporan oleh Pasiter Kodim 0320/Dumai Kapten Arh M.I Daulay dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa dilanjutkan pemberian Sosialisasi Netralitas TNI.
Bertindak sebagai Narasumber sekaligus Pemateri adalah Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak, S.I.P.
 
Pada kesempatan itu Dandim 0320/Dumai menyampaikan pengertian Netralitas TNI adalah TNI bersikap Netral yaitu tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak dalam kehidupan politik serta tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.
 
 
Dandim juga menyampaikan tentang Larangan bagi prajurit TNI selama proses Pileg dan Pilpres 2019 antara lain:
 
1. Memberikan komentar, penilaian, mendiskusikan, pengarahan apapun berkaitan dengan kontestan pileg dan pilpres kepada keluarga dan masyarakat.
2. Secara perorangan/fasilitas berada di area penyelenggaraan pileg dan pilpres.
3. Menyimpan dan menempel dokumen, atribut dan benda lain yang menggambarkan identitas caleg dan capres/cawapres.
4. Melakukan tindakan atau pernyataan apapun yang dilakukan secara resmi yang bertujuan mempengaruhi keputusan KPU dan Paneaslu.
5. Menjadi anggota KPU, Panwaslu, Panitia Pemilih, peserta dan atau juru kampanye.
 
Diakhir pemberian materi Dandim 0320/Dumai juga menyampaikan kepada seluruh peserta khususnya Babinsa agar menyampaikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk tidak golput atau tidak menggunakan hak pilihnya pada pilpres 17 April 2019.
 
Hal ini dikarenakan masih tingginya angka golput di Kota Dumai pada Pulgub 2018 yang lalu, masih terdapat 35 % lebih masyarakat Kota Dumai yang Golput pada saat Pilgubri 2018.
 
Sebelum berakhir sosialisa diadakannya sesi tanya jawab. Sebagai penutup seluruh peserta menyanyikan lagu bagimu negeri.
 
Kegiatan Sosialisasi Netralitas TNI selesai pada pkl 11.20 Wib berjalan dengan aman, tertib dan lancar. (red/Rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan