Riau

Meminimalisir Banjir, Dinas PUPR Pekanbaru Terus Kerja Keras

Banjir di Pekanbaru (foto: Google.com)
PEKANBARU (MR) - Dengan segala kemampuan dan peralatan yang ada,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru terus  bekerja keras untuk meminimalisir terjadinya banjir di kota Pekanbaru.  
 
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR kota Pekanbaru, Indra Pomi melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) PUPR kota Pekanbaru, Herda Latif, SE.ST diruang kerjanya, Rabu (30/1).
 
Herdo Latif mengatakan, sesuai dengan tupoksi Bidang Sumber Daya Air (SDA) pihaknya secara rutin menurunkan personel pasukan kuning untuk membersihkan  saluran air, gorong-gorong atau Box Culferd yang tersumbat oleh sampah dan lumpur. 
 
"Begitu juga dengan anak-anak sungai tetap dilakukan pembersihan," terangnya.
 
"Sementara untuk anak sungai dan sungai besar  secara rutin dilakukan Normalisasi dengan menurunkan alat berat jenis eskafator", ujar Herda lagi.
 
Masih kata Herda,  beberapa saluran yang  rawan genangan air seperti Jalan Arifin Achmad, Jalan Soekarno Hatta, Jalan HR Soebrantas dan pasar bawah,  Alam Mayang dan Tabek gadang. 
 
"Daerah tersebut menjadi prioritas kita dalam penangan dan antisipasi," urainya.
 
Herda menambahkan, dalam tahun 2019, pihaknya akan membangun beberapa. "Kita tinggal menunggu Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) turun," ucapnya.
 
Ditanya jumlah personil pasukan Kuning dan alat berat. Menurut Herda, pasukan kuning dibawah naungan SDA sebanyak 110 orang. Sementara alat berat sebanyak empat unit.
 
Dia menambahkan, pihaknya meminta partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan kota Pekanbaru  untuk tidak membuang sampah keparit, karena hal ini bisa mengakibatkan banjir. 
 
"Percuma  saja petugas kita membersihkan parit, sementara masyarakat masih membuang sampah disana. Karena menjaga kebersihan dan mengurangi  terjadinya banjir, sesungguhnya tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat," pungkasnya. (jsn)
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan