Riau

Jelang USBN 2019, Disdik Pekanbaru Siapkan Soal Ujian

Kasi Kurikulum Dikdas Dinas Pendidikan Pekanbaru
PEKANBARU (MR) - Jelang pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandart Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2019 yang akan berlangsung  pada tanggal 22 hingga 24 April mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) kota Pekanbaru tengah mempersiapkan materi soal ujian. 
 
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru melalui Kasi kurikulum Pendidikan dasar (Dikdas) Disdik Pekanbaru, Sakban, M Pd  diruang kerjanya, Jumat (1/2/2019).
 
"Dalam pembuatan materi soal ujian dan tim penyusun, pihaknya mengacu kepada Prosedur Operasional Standart (POS)  yang ditetapkan Kementerin pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Yakni,  para Guru  yang ditunjuk pihak sekolah, pihak Dinas Pendidikan  dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai pengarah atau narasumber," terangnya.
 
Menurut Sakban, tim penyusun soal ujian dibagi menjadi tiga kelompok sesuai jenis mata pelajaran. Masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Dan sebelum sampai ke pembuatan soal ujian USBN  tim penyusun  melakukan beberapa tahapan.
 
"Tahap awal tim akan membuat indiikator kisi-kisi soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) sesuai Standart Mendikbud, yakni untuk mata pelajaran IPS, PPKN dan Budaya Melayu Riau (BMR)," jelasnya.
 
Selanjutnya, tim akan menyusun soal Ujian untuk USBN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, (BI), Mate Matika (MTK)  dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dan dalam pembuatan soal-soal Ujian untuk USBN, harus tetap mengacu kepada kisi-kisi soal yang ditetapkan oleh Kemendikbud.
 
Lagi kata Sakban, melihat tim penyusun soal ujian saat ini, adalah otang-orang yang profesional berpengalaman. 
 
"Salah satunya Naguib Nasution yang dipercaya sebagai ketua Tim, pihaknya  optimis materi ujian akan jauh lebih baik dan bermutu," akunya.
 
Syakban menambahkan, peserta didik kelas VI tingkat SD  negeri dan swasta sekota Pekanbaru yang akan mengikuti  UAS dan USBN tahun 2019 berjumlah  19.750 siswa. 
 
Dia berharap, saat pelaksanaan UAS dan USBN natinya, para siswa bisa menjawab soal-soal ujian, sehingga  bisa lulus 100 persen dan menghasilkan nilai terbaik. (jsn)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan