Pendidikan

Pertamina Dumai Lakukan Ini Untuk Dukung Pendidikan Berbasis Digital

DUMAI (MR) - Di tengah berkembangnya era digital, dunia pendidikan dituntut untuk terus berinovasi. Tidak hanya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar namun juga dalam aspek penyediaan sumber informasi yang lebih terbuka, terutama dengan hadirnya komunikasi tanpa batas melalui sambungan internet. Kegiatan belajar kini tak lagi monoton namun bisa lebih kreatif menggunakan perangkat yang lebih modern. 

Menjawab tantangan ini, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai laksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bidang Pendidikan dengan memberikan bantuan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar bagi 2 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur. Bantuan diserahkan oleh Pjs. Unit Manager Comm., Rel. & CSR Pertamina RU II Dumai Didi Andrian Indra Kusuma kepada Kepala Sekolah masing-masing sekolah, Rabu (06/02). 

Didi menyatakan bantuan yang diberikan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pertamina Energi Negeri (PEN) 3 yang berlangsung pada Agustus tahun lalu. Pada momen tersebut, puluhan relawan pengajar yang berasap dari pekerja Pertamina turun langsung ke beberapa SD di Kota Dumai untuk mengajar dan berbagi inspirasi. 

Selain mengajar, para relawan juga melakukan survey untuk mengetahui dukungan sarana apa yang dibutuhkan oleh masing-masing sekolah. Relawan pun diperbolehkan untuk memberikan masukan terkait jenis bantuan yang memiliki efek besar di masa sekarang. 

"Melalui kegiatan PEN kami berupaya untuk meingkatkan optimisme pelajar SD dalam menyongsong masa depan. Tidak hanya itu, kami pun berdiskusi dengan kepala sekolah dan dewan guru untuk mencari tahu dukungan sarana apa yang dapat kami berikan guna meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di sekolah", ungkap Didi. 

Lebih lanjut dijelaskan, bantuan yang diserahkan pada kesempatan ini berupa 3 paket proyektor dan layar untuk SDN 021 Tanjung Palas serta 6 unit lemari dan 5 unit kipas angin ruang kelas untuk SDN 09 Tanjung Palas. 

Khusus di SDN 021, bantuan yang saat ini diberikan diharapkan dapat mendukung pendidikan berbasis digital yang tengah dikembangkan pemerintah pusat 

"Ini bukan pertama kalinya kami laksanakan program TJSL Pendidikan di 2 sekolah ini. Sebelumnya, pernah pula kami sakurkan bantuan meja dan kursi sekolah, tong sampah, kran air dan lain sebagainya", imbuh Didi. 

Ditemui pada saat penyerahan bantuan Kepala Sekolah SDN 021 Tanjung Palas, Sejati menyatakan pihaknya baru-baru ini diundang oleh pemerintah Kota Dumai untuk membahas penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. 

Hal ini tentu saja sesuai dengan bantuan yang diberikan oleh Pertamina berdasarkan hasil diskusi pihak SDN 021 dengan relawan pengajar PEN 3. 

Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan fisik, Sejati justru meminta untuk diberikan bantuan berupa proyektor dan layar yang dapat berguna dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah. 

"Alhamdulillah sekarang siswa SDN 021 dapat mulai belajar dengan cara yang lebih kekinian seperti menonton bersama film edukasi, atau berlatih memaparkan sebuah tema dihadapan rekan-rekannya menggunakan proyektor ini. InsyaAllah siswa kami dapat lebih bersaing dengan siswa dari kota besar", kata Sejati. 

Didi kembali menjelaskan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina terus berupaya menjalankan program TJSL sebagai bentuk dukungan terhadap program-program pemerintah dalam mengembangkan masyarakat Indonesia.

Dari 4 pilar program TJSL yang dimiliki yakni lingkungan, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Pertamina berupaya untuk lebih mengutamakan program yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan oleh masyarakat.

" Kami meyakini dengan terbuka akan program yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan kami untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan masyarakat dapat lebih mudah tercapai. Seperti contoh yang dilakukan oleh Ibu Sejati. Beliau mendahulukan permintaan proyektor karena melihat kebutuhan dari siswa di SDN 021 agar lebih memiliki daya saing", pungkas Didi. (Dika)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan