Riau

KPU Dumai Sosialisasi Memilih di Rutan Klas II B Dumai

KPU Dumai Sosialisasi Pindah Memilih di Rutan Klas II B Dumai
DUMAI (MR) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai, Senin (11/2/2019), melakukan sosialisasi menjelang pemilu di Rumah Tahanan (Rutan) klas IIB Dumai di Jalan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan.
 
Hadir pada kegiatan sosialisasi ini Ketua KPU Dumai Darwis S.Ag bersama Robi aslam Dan Kurnia Ningsih selaku Komisioner dan Pemateri.
 
Juga dihadiri PLH Kepala Rutan kelas IIB Dumai, PPK Kecamatan Dumai Selatan Alwi bersama PPS Bumi Ayu.
 
 
Pada kegiatan sosialisasi ini, Kurnia Ningsih selaku pemateri memberi materi mengenai Pindah Memilih bagi Warga Binaan Rutan Dumai menjelang pemilu 2019.
 
Kurnia Ningsih menjelaskan proses administrasi yang perlu dilakukan masyarakat, diawali dengan menginformasikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau KPU Kabupaten atau Kota asal atau tujuan. Setelah itu, data pemilih terkait akan dihapus dari TPS awalnya.
 
Setelah itu, calon pemilih akan mendapatkan formulir A5. Formulir tersebut digunakan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah pindah memilih. Formulir A5 bisa didapatkan pemilih dengan menunjukkan e-KTP maupun identitas lainnya.
 
"Nah formulir A5 itu nanti dibawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di mana anda akan memilih," jelas Ningsih.
 
 
Ningsih menjelaskan, pemilih yang pindah memilih akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).
 
Adapun beberapa kriteria yang diperbolehkan pindah pilih di antaranya adalah karena sedang menjalankan tugas, menjalani rawat inap, menjalani rehabilitasi narkoba, hingga menjadi tahanan atau terpidana yang menjalani hukuman kurungan. Termasuk, tugas belajar, pindah domisili, bencana alam, serta bekerja di luar domisi.
 
Hak suara yang diberikan kepada peserta pindah pilih pun bervariasi menyesuaikan dengan kriteria pindah pilihnya. 
 
 
Misalnya, untuk pindah pilih antar kecamatan dalam satu dapil di dalam satu kota/kabupaten maka akan tetap dapat memilih lima tingkatan (DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Tingkat Provinsi, DPR RI, DPD, dan Pilpres).
 
 
Penulis: Didin Marichan
Foto     : Man KpK
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan