Riau

Gubri Resmikan Jembatan Siak IV dan 2 Fly Over di Pekanbaru

Penguntingan pita sat peresmian Fly Over depan SKA Pekanbaru oleh Gubri Wan Thamrin Hasyim
PEKANBARU (MR) - Gubernur Riau,  H Wan Thamrin Hasyim,  Kamis (15/2) meresmikan pemakaian Jembatan Siak IV Dan Dua Fly Over yang berlokasi di kota Pekanbaru. 
 
Peresmian ditandai dengan penanda tanganan prasasti peresmian Jembatan Siak IV yang diberi nama, Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit oleh Gubernur Riau, H.Wan Thamrin Hasyim. Sementara penggu tingan pita dilakukan Ketua DPRD Prov Riau Hj Septina Primawati Rusli.
 
Acara peresmian yang dipusatkan di Jembatan Siak IV dengan nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah yang berlangsung pagi hari, yang dihadiri pejabat dari Kementerian PUPR, beberapa anggota DPRD Riau, Walikota Pekanbaru, Firdaus, mantan Gubri Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto, berjalan aman dan lancar sekalipun ditengah guyuran hujan.
 
Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dalam Sambutannya,  hadirnya jembatan yang membentang di atas Sungai Siak atau Sungai Jantan ini akan dapat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Apalagi, jembatan ini tetletak di kawasan jantung atau nadi kota Pekanbaru yang menghubungkan Kecamatan Senapelan dan Rumbai Pesisir, sebutnya.
 
Dia juga Pada mengucapkan terimakasih kepada mantan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, karena  dimasa kepemimpinannyalah  proses pembangunan jembatan Siak IV ini dilaksanakan, sekalipun sempat terbengkalai.  Saya ucapkan terimakasih kepada pak Andi Rachman. 
 
"Jembatan  yang bapak intruksikan pembangunannya, hari sudah diresmikan," ujar Gubri.
 
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto, menuturkan, untuk menyelesaikan pembangunan Jembatan Siak IV ini memakan waktu 10 tahun. Peletakan batu pertama  dilaksanakan pada tahun 2009 silam. 
 
"Namun karena beberapa persoalan, pembangunan jembatan ini dihentikan. Kemudian barulah pada tahun 2017 lalu pemprov Riau kembali mengalokasikan anggaran untuk kelanjutan pembangunannya," tutur Dadang.
 
Diuraikannya, pembangunan kembali dilaksanakan pada Desember 2017 lalu. Sebab perlu ada kajian terhadap kekuatan struktur jembatan setelah bertahan-tahun dibiarkan mangkrak.  Untuk melakukan kajian itu saja habis waktu sekitar 3 bulan, ujarnya.
 
Dia menjelaskan, total panjang Jembatan Siak IV secara keseluruhan  800 meter. Sedangkan tinggi jembatan dari permukaan air ke bagian jembatan ketinggiannya mencapai sekitar 12,5 meter, dengan tinggi tiang penyangga sekitar 75 meter. 
 
Dia berharap, dengan diresmikannya Jembatan Siak IV dan Dua Fly Over sekaligus, bisa mengurai kemacetan dan lancarnya lalu lintas di kota Pekanbaru sebagai Ibu kota Provinsi Riau. (Jsn)
 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan