Riau

Tunggakannya Capai Rp3 juta, Bapak Ini Merasa Ditipu BPJS Dumai

FOTO HARIANTERBIT

DUMAI (MR) - BPJS Kesehatan Kota Dumai menarik iuran anggota keluarga peserta mandiri secara sepihak. Kondisi itu membuat peserta kecewa dan merasa tertipu dan mendatangi kantor BPJS Kesehatan Jalan Jenderal Sudirman Kota Dumai.

Adalah Johannes Eduard Siregar, sengaja mendatangi kantor BPJS Kesehatan Dumai  guna mempertanyakan iuran BPJS Kesehatan miliknya bulan September 2016 mencapai sebesar Rp 3 juta lebih. Padahal, iuran sebelumnya hanya Rp 80 ribu per bulan.

"Saya tadi mau stor melalui bank Mandiri, ketika saya cek tunggakan BPJS Kesehatan saya mencapai Rp 3 juta, pada hal saya peserta mandiri," sesal Johannes kepada wartawan di kantor BPJS Kesehatan Jalan Jenderal Sudirman Dumai, Selasa (6/9) kemarin.

Ternyata, kata Johannes, besarnya tunggakan iuran tersebut lentaran  BPJS Kesehatan Kota Dumai telah memasukkan secara sepihak  isteri dan  anaknya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bahkan orangtuanya yang sudah meninggal dunia juga dicatat sebagai peserta BPJS Kesehatan Dumai.

"Saya peserta mandiri, kenapa anak, isteri dan ayah saya yang sudah meninggal juga 'dipaksa' masuk jadi peserta BPJS Kesehatan," kata Johannes kepada  Ilham seorang pegawai BPJS Kesehatan Dumai dengan nada tanya.

Ironisnya, pegawai BPJS Kesehatan bernama Ilham menjawab dengan enteng bahwa pengikutsertaan keluarga menjadi peserta BPJS Kesehatan merupakan system yang sudah berjalan di BPJS Kesehatan, dan sudah disosialisasikan melalui radio.

"Data  ini diambil dari kartu keluarga (KK) yang anda serahkan saat mendaftar sebagai peserta," kilahnya. 

"Kalau begini tunggu dululah, dari mana uang saya membayar itu," kata Johannes yang mengaku tinggal di perumahan Wilmar kelurahan pelintung Kecamatan Medang Kampai.*** (rdk/rhc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan