Pariwisata

Bikin 100 Event, Aceh Targetkan 3 Juta Wisatawan

ACEH (MR) - Disbudpar Aceh membuat seratusan event bertaraf nasional bahkan internasional sepanjang 2019. Supaya, bisa mendatangkan 3 juta kunjungan wisatawan.

Kepala Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Aceh Jamaluddin, mengatakan, target kunjungan turis asing hingga Desember diprediksi menjadi 150 ribu orang. Sedangkan wisatawan nusantara ditargetkan mencapai tiga juga orang.

"Sementara angka kunjungan wisatawan muslim ke Aceh diharapkan juga meningkat, dari 35 ribu pada 2018 menjadi 40 ribu pada tahun 2019," kata Jamaluddin kepada wartawan di Kantor Disbudpar Aceh, belum lama ini.

Menurutnya, jumlah wisatawan ke Aceh pada 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Turis asing yang melancong ke Tanah Rencong tahun lalu yaitu 106.281 orang atau meningkat dari 78.980 orang.

Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara meningkat dari 2,2 juta menjadi 2,4 juta. Pemprov Aceh 'menggoda' wisatawan dengan beragam event mulai kuliner hingga wisata bahari.

Jamaluddin menambahkan, penyelenggeraan 100 event Aceh tahun ini sudah seharusnya memperkuat positioning Serambi Mekkah sebagai destinasi wisata yang diunggulkan di kawasan Indonesia bagian barat.

Dalam tahun ini, ada sepuluh top event yang dipersiapkan di antaranya Aceh Culinary Festival, Saman Gayo Alas Festival dan Internasional Diving Festival. Selain itu, juga ada 90 event unggulan yang digelar Disbudpar Aceh dan Dinas Pariwisata di seluruh Aceh.

"Semua atraksi wisata tersebut kami persiapkan dan persembahkan kepada wisatawab melalui semangat branding wisata Aceh "cahaya Aceh" dan "The Light of Aceh"," jelas Jamaluddin.

"Semakin banyak jumlah atraksi wisata yang akan kita gelar di seluruh Aceh, maka akan semakin maju dan berkembang destinasi wisata baru dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung. Selain itu dengan viralnya wisata Aceh semakin terbuka Aceh kepada wisatawan," tutupnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan