Riau

Gubernur Riau Akan Buat Forum Riau Kreatif untuk Bantu UMKM

Gubernur Riau, Syamsuar.

PEKANBARU (MR) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menyiapkan Forum Riau Kreatif untuk memfasilitasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di provinsi Riau.

"Industri ekonomi kreatif banyak di Riau. Makanya kita siapkan Forum Riau Kreatif," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar seperti yang dikutip dari cakaplah.com, Sabtu (16/3/2019).

Dengan forum itu, lanjut mantan Bupati Siak dua periode ini, para UMKM di Riau dapat berkumpul. Sehingga pemerintah bisa membantu mereka jika usahanya mengalami kendala.

Sebab, Syamsuar melihat sejauh ini masalah pengembangan UMKM Riau pertama soal packaging (kemasan) produk yang dinilai kurang menarik. Sehingga menurunkan nilai jual.

"Kedua, soal level halal dan ketiga masalah kadaluarsa. Jadi semua ini melibatkan dinas-dinas terkait. Makanya semua harus mensupport," ujarnya.

Tak hanya itu, sebut Syamsuar, persoalan lain yang acap dihadapi para UMK adalah permodalan dan akses untuk pemasaran produk UMKM.

"Misalnya masyarakat yang membuat hasil kerajinan lidi kelapa sawit, mereka kesulitan memasarkan. Ini kan sebenarnya peran pemerintah untuk membantu mereka, bagaimana produk yang dihasilkan UMKM dapat dipasarkan dengan baik," cakapnya. (*)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan