Riau

Hewan Kurban Di Kota Dumai Sebanyak 1.362 Ekor

Ilustrasi

DUMAI (MR) - Dinas Peternakan Kota Dumai mencatat jumlah sementara hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 1437 Hijriah, Senin (12/9) sejumlah 1.362 ekor sapi dan kambing.

Kepala Disnak Kota Dumai Syafrizal, Minggu  menyebutkan hewan kurban yang terdata keseluruhan sudah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim pengawas untuk memastikan tidak terjangkit penyakit menular dan layak konsumsi.

"Data sementara hewan kurban yang dihimpun petugas sebanyak 1.362 ekor, terdiri 1.164 sapi dan 198 kambing," kata Syafrizal, Minggu.

Tim pengawas Disnak Dumai yang beranggotakan 50 orang diturunkan ke lapangan untuk memantau kondisi hewan kurban dengan mendatangi langsung tempat penampungan dan melakukan serangkaian cek kesehatan.

Setiap hewan kurban yang sudah diperiksa dan dinyatakan baik dan sehat selanjutnya dikeluarkan surat kesehatan dan ditempeli stiker sebagai tanda layak konsumsi.

Pedagang dari luar daerah tidak dibenarkan lagi memasok hewan kurban ke masyarakat pada Senin subuh hari karena belum terjamin kesehatan dan tidak melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan tim medis hewan.

"Sebagian besar hewan kurban didatangkan dari luar daerah, dan diharapkan pedagang tidak menjual sapi atau kambing ke masyarakat pada Senin subuh besok karena belum diuji kesehatan," sebut Kadisnak Dumai.

Pada hari pemotongan, tim juga akan mengawasi pelaksanaan di semua lokasi untuk memantau kondisi daging atau bagian dalam tubuh hewan kurban yang tidak bisa digunakan dan harus dibuang.

Disamping itu, diimbau juga kepada panitia kurban agar dalam penyembelihan kurban mengikuti syariat Islam dan gunakan peralatan tajam, alas bersih, dan memakai kantong plastik bening pembungkus daging, bukan kresek.

"Berharap pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Dumai berjalan baik dan tertib dan serta mengikuti syariat Islam dan tata cara yang benar," harap dia.

Sementara, menyambut Idul Adha 1437 Hijriah, Wali Kota Dumai Zulkifli As dan unsur pimpinan daerah setempat dijadwalkan membuka pelaksanaan pawai takbir keliling pada Minggu malam ini di Jalan Putri Tujuh Dumai.*** (ant)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan