Nasional

Survei Kompas: Sandi Lebih Dongkrak Prabowo Dibanding Ma'ruf ke Jokowi

JAKARTA (MR) - Peran cawapres dalam meningkatkan elektabilitas capres dibahas di survei Litbang Kompas terbaru. Hasilnya, Sandiaga Uno lebih berperan terhadap elektabilitas Prabowo Subianto dibanding Ma'ruf Amin ke Joko Widodo.
 
Survei Litbang Kompas digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.
 
Hasil terkait cawapres dirilis hari ini, Jumat (22/3/2019). Sebanyak 71,9% responden memilih karena sosok capres, sedangkan alasan memilih karena sosok cawapres hanya 9,5%. 
 
Meski demikian, kehadiran sosok cawapres tetap mendapat sambutan dari pendukung kedua kubu. Sebanyak 89,7% responden pendukung Jokowi menyatakan makin yakin memilih Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin. Sementara itu, sebanyak 92,6% responden pendukung Prabowo mengaku yakin memilih Prabowo setelah berpasangan dengan Sandiaga. 
 
Siapa cawapres yang paling berperan mendongkrak elektabilitas capres? Di kelompok pemilih Prabowo-Sandi, sebanyak 16,7% responden memilih karena faktor Sandi. Sedangkan di kelompok pemilih Jokowi-Ma'ruf, pilihan yang didasarkan oleh faktor Ma'ruf Amin hanya 5,4%.
 
Sebelumnya, survei Litbang Kompas sudah menjabarkan elektabilitas terbaru capres di Pemilu 2019. Hasilnya, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin sebesar 49,2%, sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga 37,4%. Ada 13,4% responden yang merahasiakan pilihan.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan