Riau

Harimau Sumatera Terjebak Jerat Babi

PEKANBARU (MR) - Atas informasi dari staf PT. Genilang Cipta Nusantara (RAPP Group) pada Jumat, 22 Maret 2019 sekira pukul 15.00 WIB terdapat Harimau Sumatera yang terkena jerat di Desa Sangar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Lokasi memerlukan waktu tempuh sekitar 11 jam. 
 
Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan tim pendahuluan dan pengamanan lokasi untuk melakukan observasi lokasi Harimau Sumatera terjerat serta untuk melakukan koordinasi dengan aparat setempat dan ternyata tidak ada aksesibilitas darat dan air. 
 
Pada Ahad (24/3/19) sekira pukul 02.00 WIB tim medis Balai Besar KSDA Riau bersama dengan tim dari Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dhamasraya (PR-HSD) memutuskan berangkat ke lokasi TKP dengan mempertimbangkan kondisi Harimau Sumatera dimungkinkan semakin menderita akibat terkena jerat. Pukul 10.50 WIB, Harimau Sumatera berjenis kelamin jantan dengan berat sekitar 90 kg berhasil dilakukan pembiusan dan diangkat dengan menggunakan tandu. 
 
Pukul 12.00 WIB, Harimau Sumatera sudah bisa dimasukkan ke dalam kandang transit dan dilakukan observasi lanjutan khususnya pengobatan kaki yang terkena jerat yang sudah menunjukkan infeksi dan dilanjutkan dengan penanganan hidrasi yang bertujuan menambah asupan air ke dalam tubuh untuk menghindari dehidrasi. 
 
Untuk proses penanganan lebih lanjut terhadap Harimau Sumatera, Balai Besar KSDA Riau akan menyerahkan ke Balai KSDA Sumatera Barat yang selanjutnya akan dititipkan ke PR-HSD di Dhamasraya. 
 
Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu penyelamatan satwa liar Harimau Sumatera yang dilindungi, dan mengharapkan untuk ke depannya kesadaran masyarakat akan perlindungan satwa liar dilindungi semakin meningkat. 
 
Kepada masyarakat yang akan melakukan pengaduan terkait tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi dapat melapor kepada Call Center Balai Besar KSDA Riau dengan Nomor 0813 7474 2981.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan