Riau

Perayaan Cheng Beng di Bagansiapiapi Lancar

BAGANSIAPIAPI (MR) - Hari pertama Perayaan hari Cheng Beng atau sembahyang kubur yang dilakukan warga Tionghua di Kota Bagansiapiapi berjalan dengan Aman dan Lancar.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir Drs HSurya Arfan MSi, pada saat melakukan pemantauan di lokasi Jalan Pelabuhan Baru, Rabu (27/3) di Bagansiapiapi.

"Hari pertama kegiatan Perayaan Ceng Beng atau sembahyang kubur berjalan dengan Aman dan Lancar, hal ini berkat kerja sama kita semua, baik dari pemerintah, TNI, Polri, Camat, Lurah/penghulu, kemudian masyarakat kita," Kata Sekda.

Surya mengatakan Perayaan Cheng Beng di Kota Bagansiapiapi setahun sekali dilakukan masyarakat Tionghua Bagansiapiapi bawah Cheng Beng adalah bentuk penghormatan kepada Leluhur warga keturunan Tionghoa yang telah meninggal. 

Perayaaan ini juga menjadi salah satu obyek wisata yang menarik wisataan dari luar kota dan lebih terpenting acara ini berdampak dengan hidupnya perekonomian masyarakat tempatan, di sini masyarakat bisa berjualan kuliner makanan asli Rohil, ini akan menambah penghasilan masyarakat disini,apalagi semakin ramainya orang yang datang ke Kota Bagansiapiapi, maka semakin banyak penghasilan yang didapatkan masyarakat kita,"Ucap Surya.

Acara ini tak kalah ramainya seperti acara Perayaan Tahun baru Imlek, malam cap go meh Ritual Bakar Tongkang dan yang lebih menariknya lagi sebagian datang dari luar Bagansiapiapi, seperti Jawa, Medan, Jakarta bahkan hingga ke Luar Negeri. (eka)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan