Riau

KPU Ajak Wartawan Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2019

TEMBILAHAN (MR) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pertemuan bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Senin (1/4/2019). Tujuan diadakan agenda ini adalah untuk menjalin silahturrahmi antara kedua instansi tersebut serta terjalinnya kerjsama yang baik antata KPU dan PWI Inhil.

"Kami selaku penyelenggara pemilu tentu sangat membutuhkan peran dan dukungan dari kawan-kawan wartawan terutama dalam mensosialisasikan berbagai tahapan dan informasi yang ada di KPU agar diketahui masyarakat luas," kata Ketua KPU Inhil Herdian Asmi.

Selain Herdian tampak hadir pula komisioner KPU lainnya yang secara bergir menyampaikan informasi dan tahapan penting di KPU terkait pemilu kepada wartawan yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab untuk memperjelas keterangan yang diberikan. 

Ketua KPU Inhil Herdian Asmi menjelaskan, seharusnya pada tanggal 20 agustus kemarin datar pemilih tetap (DPT) sudah ditetapkan, namun karena adanya perkembangan dan masukan dari berbagai elemen seperti parpol, media, masyarakat maka diadakan lagi perbaikan. 

"Dengan adanya masukan itu, KPU membuat DPTHP (Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan) 1,2 sampai 3. Ini semua untuk menyempurnakan, memperbaiki agar DPT yang ada dapat dipertanggung jawabkan," jelasnya. 

Kemudian dilanjutkan, tanggal 20 Maret sudah ada surat edaran, kepada KPU kota kab, provinsi, tindak lanjut dari keputusan MK Dari ajuan elemen masyarakat, mengenai daftar pemilih tambahan.

Daftar Pemilih tambahan karena adanya keadaan tertentu, Ada 4 yang dapat dilayani untuk jadi pemilih tambahan sakit, kena bencana alam sehingga pindah tempat tinggal, menjadi tahanan karena pelakukan tindak pidana, menjalankan tugas pada waktu hari pemungutan suara.

"10 April pukul 16.00 H-7 masih melayani pindah memilih pukul. Layanan ini bsa dilakukan di setiap TPS dan KPU kota," terang Herdian. 

Sementara itu, Divisi Parmas dan SDM Hasni Novriana mengenai sosialisasi kepada masyarakat, Divisi SDM dan Parmas, berkaitan dengan kampanye, Sosialisasi partisipasi pemilu. Pembentukan badan edhok KPPS yang ada di TPS Jumlah 1396 orang se Inhil jumlah PPPS. 

Jumlah linmas 3996 orang Linmas yang akan di SK di tingkat desa dan kelurahan, sekarang kampanye rapat umum dan penayangan iklan di media. 

Dalam sosialisasi tahapan pemilu untuk sampai ke ceruk-ceruk desa dan daerah pelosok ada relawan demokrasi yang dibentuk pada Januari 17 Januari 2019 yang ada di 20 kecamatan yang ada di Inhil." Jadi dapat sampaikan pesan terhadap masyarakat yang ada disana terutama baru para kaula muda yang ada disana," ungkapnya. 

Jadi ada informasi yang harus di sampaikan kepada masyarakat maka relawan ini bertugas untuk memperluas informasinya. 

Dalam waktu dekat kedepan tepatnya pada 6 April 2019 diadakan musik religi, akan ada penceramah kondang dari Pekanbaru, pagi minggunya diadakan KPU color un. Dia berharap dengan adanya berbagai kegiatan yang diadakan ini dapat mendongkrak capaian target pemilih diatas 75 persen.***(ip/mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan