Riau

Triwulan I Anggaran 2019, Penerimaan PAD Bengkalis Lebihi Target

Rapat Evaluasi Penerimaan PAD, di lantai III kantor Bapenda, Rabu, 10 April 2019.

BENGKALIS (MR) - Realisasi penerimaan Pendapat Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bengkalis, untuk triwulan I (Januari hingga Maret) tahun anggaran 2019, secara keseluruhan melebihi capaian target yang ditetapkan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bengkalis, melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan Syahrudin, didampingi Kepala Bidang Penagihan Taufik, ketika memimpin Rapat Evaluasi Penerimaan PAD, di lantai III kantor Bapenda, Jalan Jend. Sudirman, Bengkalis, Rabu, 10 April 2019. 

"Pada total keseluruhannya persentase capaian PAD di triwulan I ini memang sudah melebihi target. Namun jika dirinci, masih ada beberapa item yang belum mencapai target dengan berbagai alasan secara teknis," ujarnya Syahrudin dihadapan peserta rapat yang diikuti sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkalis.

Disampaikannya, adapun target capaian yang ditetapkan atas penerimaan PAD triwulan ini sebesar 5 persen dari target yang ditetapkan selama setahun anggaran 2019. 

"PAD yang dimiliki Kabupaten Bengkalis ada dua unsur. Yakni, hasil pajak daerah dan retribusi daerah. Alhamdulillah di triwulan I ini PAD yang sudah terkum dari dua unsur ini sebesar 14,72 persen," sebutnya.

Untuk penerimaan PAD dari pajak daerah, terdapat 12 jenis. Yakni pajak hotel lain-lain, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan PLN, penerangan jalan non PLN, parkir, air tanah, sarang burung walet, mineral bukan logam dan batuan, bumi dan bangunan dan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan. 

"Dari jenis ini ada beberapa item yang memang belum mencapai target, namun juga ada beberapa item yang melebihi dari target yang telah ditetapkan. Sehingga total persentase dari 12 jenis ini sebesar Rp10.498.692.119,70 atau  5,56 persen dari Rp188.800.000.000, yang merupakan target PAD dari pajak daerah selama setahun," jelas Syahrudin. 

Begitu juga dengan penerimaan PAD retribusi daerah yang secara keseluruhan telah mencapai Rp2.489.231.381, atau 9,16 persen dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp27.171.508.750.

"Kita berharap dengan capaian carget penerimaan PAD di triwulan pertama ini dapat menjadi evaluasi dan motivasi agar di triwulan II, yang targetnya 15 persen, dapat tercapai sesuai harapan," tambah Kepala Bidang Penagihan, Taufik. (DISKOMINFOTIK)


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan