Riau

Dinas Perpustakaan dan Arsip Dumai Gelar Lomba Mendongeng Tingkat Sekolah Dasar

Lomba Bercerita/Mendongeng Tingkat Sekolah Dasar
DUMAI (MR) - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip menggelar lomba bercerita/mendongeng yang diikuti pewakilan masing masing SD/MI se-Kota Dumai.
 
Lomba ini digelar Selasa (23/04/2019) di Gedung Sri Bunga Tanjung, Pendopo Dumai mulai pukul 08.00 WIB dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Suryanto.
 
Kegiatan ini merupakan seleksi tingkat kab/kota dan selanjutnya akan dilaksanakan seleksi tingkat propinsi hingga tingkat internasional tahun 2020 di Perth Australia.
 
 
"Dengan keterbatasan anggaran kita masih mampu melaksanakan kegitan ini. Perlu ada kolaborasi antara Dinas perpustakaan, Dinas Dikbud dan Dinas PPA untuk suksesnya acara ini," ucap Suryanto di lokasi acara.
 
Suryanto juga mengatakan dengan adanya lomba ini akan menarik minat baca anak. Kata demi kata yang didengar anak akan mudah diserap dan menjadi stimulus untuk turut membaca buku.
 
Selain itu dengan mendongeng dapat memancing nalar mendongeng dapat menambah kecerdasan dan memancing daya nalar anak. Anak-anak akan belajar tentang berbagai karakter, kebiasaan, watak dan sifat tokoh-tokoh yang terdapat dalam dongeng.
 
 
"Dengan mendongeng dapat menimbulkan Empati dan imajinasi. Selain itu, melalui cerita dalam dongeng orang tua dapat menumbuhkan rasa empati, kreativitas dan daya imajinasi anak," katanya.
 
Kegiatan mendongeng juga sangat efektif dalam mempererat keakraban antara orang tua/guru dengan anak. Interaksi antara si pendongeng dan anak merupakan awal membangun komunikasi yang erat dengan anak.
 
Dikatakannya juga mendongeng akan membangun Internalisasi nilai nilai kepribadian anak Selain itu, melalui dongeng kita dapat menyisipkan pelajaran berharga. 
 
 
"Banyak dongeng yang mengandung nilai-nilai motivasi membangun diri. moral dan pembentukan karakter yang sangat positif untuk anak-anak," pungkas Suryanto.
 
Dilokasi acara terlihat anak-anak peserta membawakan cerita yang beragam. Mulai dari cerita rakyat Dumai maupun luar daerah. Beberapa cerita dan dongeng yang dibawakan adalah cerita Putri Tujuh, asal mula Lubuk Gaung dan asal mula Bangsal Aceh.
 
Penulis: Fara Safira




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan