Riau

Periksa Petugas Pemiliu, Dinkes Rohul Turun Lapangan

PASIRPENGARAIAN (MR) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau,  melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Petugas Pemilu seperti PPK, Panwascam, PPS, PTPS, KPPs, Linmas, Saksi dan petugas kepolisian. Pemeriksaan Kesehatan tersebut dilakukan di Kantor Kecamatan yang masih melakukan rapat Pleno Terbuka tingkat kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dr. Bambang Triyono, Rabu (23/4/2019) mengatakan, pemeriksaan petugas pemilu ini menindaklanjuti Surat KPU Rohul dan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor HK 02. HK . 0 2 .0 2/III/ 1681/2019 tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi petugas KPPS PPK yang memerlukan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

Pemeriksaan kesehatan terhadap petugas pemilu tersebut dilakukan di 11 kecamatan yang masih melaksanakan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Penghitungan suara seperti seperti  Kecamatan Tandun, Ujung Batu, Rokan IV Koto, Pagaran Tapah, Kunto Darussalam, Bonai Darussalam, Rambah, Rambah Hilir, Tambusai Tambusai Utara dan kepenuhan.

"Kita sudah turunkan petugas kesehatan dari Puskesmas di masing-masing kecamatan," cakapnya.

Dari pantauan di Kantor kecamatan Rambah, Terlihat petugas kesehatan dari Puskesmas Rambah melakukan pemeriksaan terhadap Petugas Pemilu.

"Rata-rata keluhannya adalah kelelahan karena terporsir beberapa hari ini, kurang istirahat. Kita sudah berikan multivitamin dan memotivasi mereka agar banyak minum. Namun sebaiknya memang harus diatur waktu istirahatnya supaya tidak drop dan membahayakan jiwa mereka," cakap Kasman salah satu petugas kesehatan puskesmas Rambah.

Seperti yang diketahui, panjangnya proses Pemilihan Umum tahun 2019 ini, menyebabkan banyak petugas pemilu yang mengalami kelelahan dan sakit. 

Bahkan informasi terakhir seorang Pengamanan TPS 06 Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, meninggal dunia karena mengalami penurunan fungsi jantung setelah kelelahan mengawal proses penghitungan suara di TPS.

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan