Riau

Polisi Siak Masih Buru Napi Yang Kabur

SIAK (MR) - Sampai saat ini sebanyak 15 narapidana dari 648 warga binaan Rutan Kelas IIB Siak belum kembali. Pihak polisi terus memburu mereka. Mereka kabur pasca kisruh dan pembakaran di Tutan tersebut pada Sabtu (11/5/2019) dini hari.

Hal itu disampaikan Wakapolres Siak, Kompol Abdullah Hariri, Sabtu malam tadi.
“Beberapa tahanan sudah ditangkap, mereka ditangkap di Kota Siak,” cakap Kompol Abdullah Hariri.

Ia belum dapat memastikan apakah tahanan yang belum ditangkap masih berada di kabupaten Siak atau tidak. Meski begitu, Wakapolres menegaskan pihaknya masih terus melakukan pengejaran terahadap tahanan kabur tersebut.

“Kita belum bisa pastikan. Namun petugas telah berjaga di perbatasan. Razia di Tanjung Buton,” terang dia.

Dijelaskannya, sebanyak 615 warga binaan dievakuasi ke ke Rutan dan lapas terdekat. Hal ini dikarenakan kondisi Rutan Siak yang sudah ludes terbakar tidak dapat dihuni lagi.

“Tahanan yang sudah dievakuasi ke rutan/lapas terdekat sebanyak 615 orang. Rinciannya, ke Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 orang, Rutan Bengkalis 45 orang, dan Lapas Kelas IIA Pekanbaru 26 orang. Semuanya perempuan,” kata Wakapolres.

“Sementara ke Rutan Dumai 5 orang, Rutan Gobah Pekanbaru 73 orang, Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 orang, dan ke Rutan Gobah Pekanbaru 108 orang,” ujar Kompol Abdullah Hariri.

Proses evakuasi dikawal langsung oleh personel Brimob dengan menggunakan kendaraan milik Polri, bantuan bus Pemda dan bus dari perusahaan yang beroperasi di wilayah Siak.

“Bus dari IKPP dan BOB membantu. Proses evakuasi tahanan dikawal oleh pasukan Brimobda Polda Riau sebanyak 2 pleton atau 56 personel. Dalam evakuasi, setiap tahanan diborgol, itu sudah Protapnya,” katanya.

Hingga berita ini ditayangkan, terdapat 33 orang tahanan yang belum dievakuasi. Dua tahanan menjalani perawatan di RSUD Tengku Rafian Siak, satu orang dipindahkan ke Rutan Polsek Siak, 7 orang dalam pemeriksaan terkait kerusuhan di Rutan oleh Sat Reskrim Polres Siak. Dan 9 orang yang baru berhasil diamankan.

 


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan