ADVERTORIAL

Pemkab Rohil Kembangkan Sektor Perkebunan Angkat Perekonomian Masyarakat

Bupati H Suyatno Amp mencoba traktor untuk lahan pertanian di Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rohil
MONITORRIAU.COM - Bupati Rohil H Suyatno AMp mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) berkomitment akan terus mengembangkan sektor perkebunan dan pertanian,kedua sektor ini di nilai dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di Negeri Seribu Kubah selain tanaman sawit dan padi yang sudah lama menjadi komoditi andalan Rohil.
 
Hal ini dikatakannya usai melihat hasil perkebunan holtikultura hasil kreasi petani di wilayah sungai sialang Kepenghuluan Bentayan Hilir Kecamatan Batu Hampar dan kebun kencur milik warga di Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sinaboi beberapa waktu lalu.
 
Bupati Suyatno terkesan dan takjub setelah melihat langsung hasil kreasi tanaman hortikultura yang ditanami warga mengarah pada produk-produk konsumsi seperti buah melon, bawang merah, jagung, pare, labu madu, sayur kol, gambas dan cabai apalagi tanaman yang di tanam petani ini masih mengunakan sistem pertanian tradisional, namun hasilnya sungguh sangat mengagumkan.
 
 
"Ini sungguh luar biasa,kerja keras petani disini membuahkan hasil dan patut di contoh daerah lain di Rohil,dan ini sangat mengagumkan,
sebab disini kita bisa melihat berbagai tanaman yang tumbuh subur di Desa Sungai Sialang kepenghuluan Bentayan Hilir. Semua ini tidak terlepas dari bimbingan kepala dinas, PPL, dan Babinsa setempat untuk mengembangkan tanaman Holtikultura," Ucapnya.
 
Menurutnya tanaman yang dikembangkan oleh kelompok tani Tunas Mandiri ini jelas dapat menunjang ekonomi rumah tangga sehingga mereka untuk kebutuhan kesehariannya tidak perlu lagi mengeluarkan uang belanja guna memenuhi kebutuhan makanan dari tanaman ini setiap harinya di kebun ini.
 
Selanjutnya tanaman kencur yang ditanami petani di Kecamatan Sinaboi juga menarik perhatiannya yang di nilainya sebagai komoditi di bidang pertanian yang sangat menjanjikan selain padi dan sawit.
 
"Kita sangat bangga memiliki petani yang kreatif dalam memanfaatkan lahannya menjadi komoditi yang menjanjikan dan menambah pendapatan petani selain tanaman sawit dan padi. Bayangkan saja, jika di Rohil petani kreatif seperti ini, Insa Allah jika seperti ini masyarakat Rohil akan bertambah makmur dan sejahtera dan akan kita tindak lanjuti tanaman kencur ini," ucapnya di sela kunjungan.
 
 
Tanaman kencur ini sambunya lagi sangat menjanjikan dan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan kedepannya perlu dibudidayakan karena tidak sulit untuk menanamnya. Selain itu, juga mempunyai harga jual yang lumayan tinggi di pasaran dan tidak memerlukan lahan yang luas untuk menanamnya.
 
"Bayangkan saja dengan luas tanah cukup ukuran 30 x 30 M persegi, dengan masa waktu tanam selama 9 bulan sudah bisa dipanen, dan jika menanamnya maksimal akan menghasilkan 1 ton tanaman kencur siap jual. Bisa dibayangkan dengan harga jual 1 kg Kencur saat ini sebesar Rp29.000, jika dikalikan 1 ton/1000 Kg x Rp29.000 ribu sama dengan Rp29.000.000 sekali panen," Terangnya.
 
Selain tanaman perkebunan tersebut Bupati Suyatno mengatakan sebelumnya Pemkab Rohil menyerahkan Alat Perontok Padi kepada Petani di Kecamatan Rimba Melintang sebanyak 10 unit alat perontok padi ( power tresor) bantuan dari Pemerintah Pusat untuk sepuluh kelompok tani di Rokan Hilir.
 
Bantuan ini,kata Orangvnonor satu di Rohil ini  salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Derah kepada petani Rokan Hilir. Dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.
 
 
"Alat ini sangat berguna bagi petani untuk mempersingkat pengerjaan padi menjadi beras,Petani tidak repot lagi menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah diarit ke dalam mesin dan menghasilkan gabah bersih,"Terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rohil, Isa Ahmadi menjelaskan, 10 unit alat perontok padi diberikan kepada sepuluh kelompok tani tersebar di empat kecamatan di Rohil yakni Kecamatan Rimba Melintang, Sinaboi, Pekaitan dan Kecamatan Pekaitan.
 
"Alat perontok padi ini sangat menunjang kinerja petani,mereka tidak lagi bersusah payah, dapat menghemat waktu, efektif, dan efesien," Ucapnya. (ADV)


Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan