Nasional

Bank Indonesia Siap Edarkan 11 Pecahan Uang NKRI Baru

Irwan Mulawarman

PEKANBARU (MR) - Jika tidak ada perubahan, rencananya, akhir tahun ini Bank Indonesia (BI) akan memperkenalkan sekaligus mengedarkan uang NKRI baru, 7 pecahan uang kertas, 4 pecahan uang logam.

Hal itu disampaikan Deputy Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau, Irwan Mulawarman, Senin (19/9/16) di Pekanbaru. 

Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani aturan yang menetapkan beberapa pahlawan nasional yang gambarnya akan muncul di uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.

Menurut Keppres tersebut, penggunaan gambar dan nama Pahlawan Nasional sebagaimana dimaksud telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional.

Namun ia menekankan, kalau nantinya, saat uang ini diedarkan, maka uang lama tetap akan berlaku seperti biasa, sampai adanya pengumuman kalau uang tersebut telah habis masa berlakuknya.

Ditambahkannya, bahwa untuk uang baru yang mengusung 10 pahlawan nasional itu akan terdapat tujuh pecahan uang baru dalam bentuk kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.

Jika memang tidak ada perubahan, rencananya BI akan mulai mengedarkan uang tersebut pada Desember nanti, namun tanggal pastinya belum ditetapkan.

Yang jelas menurutnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari uang-uang tersebut nantinya, selain desain yang berbeda, namun secara umum bahan yang digunakan tetap sama.

Yang beda tentunya selain tanda tangan Gubernur BI, ada juga tanda tangan Menteri Keuangan, sebagai bentuk kalau BI tak lagi memonopoli soal pencetakan uang serta mewakili peran negara di dalamnya.

Berikut Nama ke-12 Pahlawan Nasional tersebut adalah:




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan