Riau

Pemuda Pancasila Ranting Kampung Rempak Gelar Festival Lampu Colok

Alfis ketua Ranting Pemuda Pancasila Kampung Rempak.
SIAK (MR) - Tradisi masyarakat kampung Rempak kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak khususnya malam-malam terakhir ramadhan selalu diterangi dengan hiasan lampu colok di sepanjang jalan-jalan utama.
 
Lampu yang terbuat dari bekas botol minuman dan diberi sumbu berbahan bakar minyak tanah atau solar tidak bisa disepelekan karena lampu ini memiliki sejarah panjang puluhan bahkan ratusan tahun.
 
Seperti biasanya penyalaan lampu colok ini di mulai pada malam 27 Ramadhan hingga malam lebaran tentu bukan tanpa tujuan, namun dimaksud untuk menggairahkan penyambutan Idul Fitri
 
"Beberapa tahun belakangan terjadi penurunan Antusias pemuda dan masyarakat untuk melestarikan lampu colok ini di setiap wilayah RK atau RW khususnya di kampung Rempak Kacamata Sabak Auh-Siak," tutur Alfis selaku ketua Ranting Pemuda Pancasila Kampung Rempak.
 
Menyikapi kondisi ini Alfis dan pengurus berinisiatif untuk menggelar festival atau perlombaan lampu colok di kampung Rempak kec. Sabak Auh dengan memberikan piala bergilir dan piala tetap agar antusias dan semangat gotong royong pemuda dan masyarakat kembali Hidup seperti sebelumnya.
 
"Ini merupakan awal atau pertama kalinya lampu colok ini diperlombakan di Kampung Rempak dan Insya Allah akan kami agendakan dalam program rutinitas setiap Ramadhan kedepannya."  ujar putra Asli kelahiran Rempak 20 Agustus 1984 ini.
 
Peserta yang ikut dalam perlombaan ini terdiri dari 3 Dusun di wilayah Kampung Rempak yaitu Dusun Kamboja, Dusun Seroja dan Dusun Sungai Bayam. Setiap Dusun ada 2 RK/RW yg ikut dalam penilaian.
 
Erizal Salah seorang warga dan juga termasuk dalam tim penilaian menyebut bahwa selalu menyaksikan penyalaan lampu colok ini. Sejak kecil ia selalu menantikan kegiatan ini.
 
"Semoga bisa bertahan sampai ke anak cucu kita sebagai generasi penerus sehingga kita bisa menyaksikan kepada mereka tidak hanya sekedar bercerita tentang keindahan api lampu colok ini," tutupnya.
 
Penghulu Kampung Rempak sangat memberikan Apreasiasi terhadap kawan2 pengurus Ranting PP rempak yang telah membuat kegiatan penilaian lomba festival api colok tahun 2019 di kampung rempak. 
 
"Semoga dengan ada penilain dan pemberian hadiah tersebut bisa menjadi sebuah motivasi bagi pemuda di wilayah RK dan dusun untuk melaksanakan pembuatan lampu colok tiap tahunnya di wilayahnya masing-masing agar terciptanya suasana kekeluargaan yang kompak, demi untuk kemajuan kampung rempak kedepannya," Tutup Salman Alfarisi, S.Sos M.Si.
 
Bung Prawiades selaku Tokoh Muda Kampung Rempak dalam kegiatan ini beliau merupakan panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, kepemudaan dan Pengurus Pemuda Pancasila yang telah berpartisipasi baik secara moril dan materil sehingga acara festival lampu colok ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.
 
Bapak Bripka Ramses Indrayadi selaku Bhabinkamtibmas kampung rempak berharap semoga acara ini bisa berjalan dengan baik dan Kondusif serta Menghimbau kepada seluruh pengurus Pemuda Pancasila dan semua Warga Kampung Rempak Khususnya selama Situasi Menjelang Dan Pasca lebaran nantinya agar bersama untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. (agung)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan