Riau

Waduh...!!! Ruang Pelayanan Disdukcapil Inhil Sempit, Pengap dan Sesak

Kondisi ruang pelayanan pembuatan e-KTP, KK, Akta

INDRAGIRI HILIR (MR) - Sempit, pengap dan sesak, begitulah kondisi ruang pelayanan pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan Akta di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir yang berada di Jalan Swarna Bumi, Tembilahan. Senin (26/9/2016).

Kondisi tersebut dikeluhkan Yuni seorang masyarakat Desa Tunas Jaya, Kecamatan Rumabai yang hendak membuat e-KTP, KK dan Akta.

"Aduh, susah banget, capek nunggunya kalau begini (sempit, pengap dan sesak, red)," ucap Yuni kepada awak media.

Dia juga mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh staf di pelayanan masyarakat tersebut kurang ramah. "Pelayanannya kurang sabar," sebutnya.

Selain itu, ibu dari dua anak itu juga mengaku telah dua kali datang ke kantor tersebut untuk melakukan perekaman sekaligus untuk membuat KK serta Akta Kelahiran anaknya, namun hingga hari ini ia mengaku belum juga selesai.

"Membuat KTP, KK, AKTA kelahiran, sudah dua kali kesini mas, aduh sulit lah kalau kayak gini, mana saya bawa anak lagi," katanya menambahkan.

Senada yang disampaikan, Basri warga Desa Sungai Perak, Kecamatan Tembilahan juga mengeluhkan hal yang sama. Dia mengaku telah melakukan perekaman e-KTP sekitar tiga tahun yang lalu ditempat dia tinggal, namun hingga kini ia belum mendapatkan kartu identitas diri tersebut.

"Kemarin ada direkam dua kali dikampung sekitar tiga tahun yang lalu tapi tak jadi-jadi, kecewa lah, kita harus tetap datang kesini juga," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Basri juga mengeluhkan sistem pembuatan e-KTP yang terbilang cukup lama, padahal menurut informasi yang ia terima, pembuatan e-KTP tersebut hanya tiga hari saja.

"Saya mungkin bisa memahami jika ada kendala teknisnya, tapi jika harus menunggu berbulan-bulan tidak seratus persen alasan itu saya terima, itu namanya kelalaian," imbuhnya.*** (hrc)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan