Riau

Bupati Kuansing Buka Pacu Jalur Rayon I di Kuantan Hilir

TELUKKUANTAN (MR) - Bupati Mursini, menghimbau bagi para atlet jalur yang ikut bertanding di Tepian Lubuak Sobae Kuantan Hilir Seberang, Rayon I agar mengedepankan sportipitas dalam berpacu.
 
"Ini perlu jadi perhatian bagi anak pacu, supaya pelaksanaan pacu jalur berjalan lancar. Tentunya kita tak ingin hal-hal di luar dugaan terjadi. Maka dari itu, ini harus menjadi perhatian bersama," ujar Bupati Mursini, pada pembukaan pacu jalur rayon I di Kuantan Hilir Seberang, Kamis (4/7/2019) siang.
 
Pada pembukaan pacu jalur tersebut Bupati juga menyampaikan kepada para atlet yang turut berpacu supaya menjaga pesan moral yang terkandung dalam pelaksanaan pacu jalur.
 
"Yang utama sekali nilai silaturahmi, kemudian kekompakan, persatuan dan kesatuan, dan saling menjaga. Pesan moral ini mesti dijaga bersama," kata Bupati Mursini.
 
Kemudian Bupati juga berpesan, agar masyarakat selalu memelihara budaya yang sudah berusia ratusan tahun ini dengan mendukung setiap pelaksanaan pacu jaur ini, supaya pelestariannya tetap berlanjut pada masa mendatang.
 
"Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikannya. Ini harus dijaga selalu, sebab budaya ini telah berusia ratusan tahun dan memiliki nilai hisitoris yang sangat tinggi," sebut Bupati.
 
Untuk diketahui, pacu jalur di Tepian Lubuak Sobae, rayon I Kecamatan Kuantan Hilir Seberang diikuti 72 buah jalur. Pacu jalur ini akan digelar selama 3 hari.
 
Hari pertama akan terjadi pertarungan sengit sebanyak 36 kali hilir. Bagi yang menang hari pertama akan dilanjutkan ke hari kedua. Untuk penentuan lawan akan dilakukan pencabutan undian sama seperti hari pertama dan seterusnya.
 
Hadir bersama Bupati Kadis Pariwisata dan Kepala OPD lainnya, serta para eselon III dan IV di lingkup Pemkab Kuansing. Kemudian Upika dan masyarakat serta perwakilan atlet. 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan