Riau

Gubri dan Wagubri Resmi Sandang Gelar Adat dari LAM Riau

PEKANBARU (MR) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution resmi diberi gelar adat hari ini, melalui proses upacara penabalan di Balai Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Sabtu (6/7/19).
 
Gelar adat yang disandang untuk Gubri yakni Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau, sedangkan Wagubri diberi gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Masyakat Adat Melayu Riau. 
 
Prosesi pemberian gelar adat ini juga disaksikan para jemputan majelis adat, seperti mantan Gubernur Riau Saleh Djasit, mantan Wagubri Raja Rivai Rachman dan Wan Abubakar. Kemudian Sultan Pelalawan, Sultan Siak, pemangku pewaris kerajaan Sultan Indragiri. 
 
Turut hadir juga menyaksikan utusan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Konsul Malaysia serta Raja Pagaruyung dan permaisuri dari Sumatera Barat.
 
Prosesi pemberian gelar adat berlangsung khidmat. Ditandai dengan pemberian warkah atau hasil keputusan adat atas pemberian gelar tersebut yang sebelumnya terlebih dahulu dibacakan dihadapan para undangan.
 
Kemudian diikuti dengan pemasangan keris oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Syahril Abubakar. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan tanjak oleh Ketua Umum Majlis Kerapatan Adat (MKA) LAM Riau Datuk Seri Al Azhar. Sementara untuk pemasangan selempang sebagai simbol kebesaran adat dipasangkan oleh Tengku Besar Sultan Pelalawan, H Tengku Kamaruddin Harun.
 
Prosesi adat berikutnya adalah tepung tawar, yang diawali Ketua MKA dan DPH LAM Riau, diikuti para Sultan dan pewaris tahta kerajaan, termasuk para tokoh dan undangan majelis adat. 
 
 
Penulis: Dedi Syahputra




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan