Riau

Presiden RI Jokowi Apresiasi Kinerja Polri Yang Sukses Menjaga Kamtibmas di Tengah Masyarakat

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, bertindak sebagai Irup HUT Bhayangkara Polri Ke 73.

PANGKALANKERINCI (MR) - Polres Pelalawan merayakan Hari Bhayangkara Ke 73, bertempat di Lapangan Bola, Jalan Lintas Timur, Pangkalan Kerinci, Rabu (10/6). 

Tema yang diusung kali ini adalah “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

Terlihat hadir, Waka Polres Pelalawan Kompol Rezi Dharmawan, Wakil Bupati Zardewan, Sekretaris Daerah T Mukhlis, Ketua DPRD Kabupaten  Pelalawan Nasaruddin, Pabung Kodim 0313/KPR Mayor Inf S Tarigan, Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Nelson Angkat, Ketua Kejaksaan Negeri Pelalawan Nophi Suoth, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pelalawan Andi Salamon. 

Juga ada Ketua Komisi Pemilihan Umum Pelalawan Wan Kardi Wandi, Ketua Bawaslu Mabrur, Kakan BPN Kabupaten Pelalawan Sutrilwan. Ketua Cabang Ranting Bhayangkari Pelalawan Ny Mira Kaswandi beserta jajarannya, Kepala OPD begitu juga Pimpinan Perusahaan, diantaranya PT RAPP dan PT Arara abadi juga PT Musim Mas.

Disamping itu juga nampak, Pejabat Utama Polres Pelalawan, Para Kapolsek dan seluruh Perwira Polres Pelalawan dan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh  agama, pimpinan ormas maupun purnawirawan Polri dan Warakawuri.

Dalam gelar pasukan terlihat para personil Polres Pelalawan dari seluruh fungsi, personil dari Polsek-polsek sert ASN yang bertugas di Polres Pelalawan. Lalu juga ada personil ormas dan juga personil dari lingkup Pemkab Pelalawan.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan, selaku Inspektur Upacara berkesempatan membacakan amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo. Ini petikannya.

Mengawali amanatnya, Presiden RI atas nama rakyat, bangsa dan negara Indonesia mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara RI dimanapun bertugas.

Ucapan terimakasih dan penghargaan juga disampaikan pemerintah atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan perjuangan tanpa mengenal lelah yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya terlaksananya pesta Asian Games, Asian Para Games, IMF World Bank Annual Meeting 2018 serta terselenggaranya Pilkada serentak tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019 dengan aman dan kondusif.

Tidak itu saja seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Kita juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia. 

Saya melihat Polri juga turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air bersama-sama dengan pemangku kepentingan didaerah.

Untuk tingkat kejahatan, Polri juga berhsil mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kemudian kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber. 

Lalu kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi. 

Termasuk dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan.

Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai survei yang diselenggarakan lembagalembaga survei yang kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik, setelah KPK dan TNI.

Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. 

Sekali lagi dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun Saudara mengabdi juga kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif.

Segenap anggota Polri yang saya cintai. Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber. Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita.

Mengakhiri amanatnya Presiden  menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas. 

Disampaikannya, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kemudian kedepankan strategi kepolisian yang proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Lalu terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Kemudian tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Dan terakhir perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Selesai upacara dilanjutkan pemberian piagam penghargaan kepada mitra kerja PT RAPP atas bantuan hibah ruangan SPKT beberapa waktu yang lalu.

Usai pemberian penghargaan acara dilanjukan dengan pegelaran Tarian Melayu, Kuda Lumping dan berakhir dengan Syukuran yang dikuti seluruh Pejabat dan Tamu Undangan yang hadir. Seluruh rangkaian Acara Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Polres Pelalawan ini berlangsung dengan khidmat lancar dan aman. (Ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan