Riau

Pelindo I Dumai Salurkan Bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahap II

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Agus Manajer Umum PT Pelindo 1 cabang Dumai

DUMAI (MR) - PT.Pelindo I (Persero) Cabang Dumai menyalurkan bantuan program kemitraan dan bina lingkungan tahap II sebesar Rp1,4 miliar untuk pinjaman permodalan pelaku usaha dan membantu pembangunan sejumlah fasilitas publik dan rumah ibadah, Rabu.

General Manager Pelindo I Dumai Jhonedi mengatakan, penyaluran bantuan dana corporate social responsibility atau sosial kemasyarakatan ini kegiatan rutin tahunan untuk mendukung usaha ekonomi bagi masyarakat berada di sekitar lingkungan perusahaan.

"Untuk program bina lingkungan kita menyerahkan bantuan untuk pembangunan sekolah dasar, rumah ibadah dan fasilitas kesehatan, sedangkan kemitraan membantu permodalan masyarakat pelaku usaha kecil," kata Jhonedi.

Dijelaskan, selain bina lingkungan dan kemitraan, dana CSR Pelindo Dumai juga diperuntukkan mendukung kegiatan sosial, kepemudaan dan kemasyarakatan serta lain nya, sebagai wujud komitmen BUMN hadir di tengah masyarakat.

Penyaluran dana CSR Pelindo I Dumai Tahun 2019 ini ditarget sebesar Rp4 miliar, dan pada tahap II diserahkan kepada 20 penerima program kemitraan dan 6 penerima program bina lingkungan.

Alokasi dana CSR Pelindo setiap tahun diupayakan meningkat agar lebih besar perhatian dan respon kebutuhan masyarakat sekitar, karena pada 2018 lalu disalurkan Rp3 miliar, dan naik jadi Rp4 miliar pada 2019 ini.

Jenis bantuan bina lingkungan diserahkan, di antaranya, meja kursi dan lemari sekolah dasar, pembangunan tempat pembelajaran Alquran, bantuan sarana pendidikan komputer dan printer, sound sistem dan sarana Posyandu, perluasan dan renovasi masjid serta peningkatan madrasah diniyah.

Sedangkan pinjaman permodalan dalam program kemitraan yang diterima 20 pelaku usaha diberikan dengan nilai bervariasi, dimulai terendah Rp20 juta hingga Rp100 juta dengan sistem pengembalian bunga rendah.

"Pinjaman permodalan ini diharap bisa digunakan penerima untuk pengembangan usaha dan realisasi pengembalian berjalan lancar, sehingga di tahun berikut nya digulirkan ke pelaku usaha lain," sebut GM Pelindo Jhonedy. 

Seorang pengurus masjid mengaku sangat terharu dan bangga karena mendapat perhatian dari Pelindo untuk pembangunan renovasi, dan diharap jemaah bisa nyaman beribadah.

"Banyak sekali harapan, kedepan masjid agar dibuat lebih nyaman dan asri untuk jemaah dengan bantuan Pelindo," kata seorang perwakilan penerima dari kalangan pengurus masjid. 

 

SUMBER: ANTARA




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan