Supply Avtur Gunakan Kapal MR

Pertamina RU II Dumai Tingkatkan Pendapatan Hingga 3.96 Juta USD

Launching penggunaan perdana Kapal Medium Range (MR) ini dilaksanakan di halaman kantor Oil Movement Kilang RU II Dumai, Senin (29/7).

Supply Avtur Gunakan Kapal MR, Pertamina RU II Dumai Tingkatkan Pendapatan Hingga 3.96 Juta USD

DUMAI (MR) – Tingkatkan potensi profit margin dan efisiensi di berbagai lini, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai kembali jalankan inovasi. Jika pada awal Mei lalu dilaksanaan peningkat kapasitas kapal untuk supply produk Solar, kini inovasi serupa dijalankan untuk produk Avtur.

Launching penggunaan perdana Kapal Medium Range (MR) ini dilaksanakan di halaman kantor Oil Movement Kilang RU II Dumai, Senin (29/7). 

Kegiatan dipimpin langsung General Manager Pertamina RU II Dumai M. Dharmariza dan dihadiri pula oleh Kapten Kapal MR MT Sei Pakning Kapten Muhammad Mustofa Eli serta Andreas Tumansery Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Sultan Syarif Kasim II mewakili Direktorat Pemasaran Korporat Pertamina.

Ditemui disela kegiatan, Dharmariza menyatakan inovasi ini masih sejalan dengan program peningkatan loading rate atau kecepatan pompa dalam memompa BBM dari tangki yang berada di darat menuju kapal yang diluncurkan Februari lalu. Jika sebelumnya yang dikembangkan adalah sistem penyaluran dari kilang menuju kapal, kini inovasi dilakukan dengan mengganti jenis kapal.

Ia menyatakan inovasi serupa telah dilaksanakan pada bulan Mei saat penggantian penggunaan kapal tipe MR dengan kapasitas muatan 25.000 hingga 45.000 dwt menjadi kapal Large Range (LR) dengan kapasitas muatan 80.000 hingga 125.000 dwt untuk supply produk Solar.

Kali ini penggantian dilakukan untuk supply produk Avtur dari penggunaan kapal tipe Small Tanker II dengan muatan 3.500 hingga 6.500 dwt menjadi kapal MR.

“Saat ini produksi Avtur di Kilang RU II Dumai rata-rata 216 ribu barel (MB) per bulan sehingga dibutuhkan 5 kapal Small Tanker II. Dengan sistem baru, kami cukup mendatangkan 1 kapal MR per bulan yang dapat mengangkut produk Avtur sebanyak 214 MB. Dengan demikian occupancy jetty yang sebelumnya berkisar di persentase 85 hingga 95 persen dapat ditekan dengan penurunan hingga 15 persen," ungkap Dharmariza.

Lebih lanjut Dharmariza menjelaskan, penggantian kapal pengangkut produk dengan muatan yang lebih besar ini otomatis berimbas kepada berbagai aspek lainnya.

Selain occupancy jetty yang menurun sehingga dapat dioptimalkan untuk kegiatan operasional lainnya, beberapa keuntungan lain dapat diperoleh Kilang RU II diantaranya, ketersediaan waktu maintenance rutin, peningkatan kemampuan produksi Avtur di Kilang RU II hingga peningkatan ketahanan produksi.

Terkait dengan kemampuan produksi Avtur. Jika sebelumnya Kilang RU II dapat memproduksi sekitar 170 MB avtur per bulannya, dengan adanya tambahan ruang kosong di tangki penyimpanan (ullage), kini RU II dapat menggenjot produksi avtur hingga 220 MB, bahkan dapat berpotensi untuk ditingkatkan sampai dengan angka 300 MB apabila sistem baru ini telah rutin dijalankan.

Angka ini tentunya berpengaruh signifikan bagi ketersediaan BBM bagi industri aviasi Indonesia dan meningkatkan pendapatan Pertamina hingga 3.96 Juta Dollar per tahunnya.

“Sepanjang tahun 2019, telah banyak inovasi yang dilakukan oleh Pertamina RU II. Mulai supply Solar dengan kapal LR, pemanfaatan gas eksternal untuk operasional kilang hingga pelaksanaan co-processing RBDPO yang sempat dikunjungi oleh Menteri Riset dan Teknologi pada Mei lalu," tutur Dharmariza seraya menambahkan semua ini kami lakukan untuk mewujudkan Kilang Pertamina Dumai menjadi Kilang yang berdaya saing tinggi dan mengedepankan penghematan di berbagai lini.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan