Riau

Tim Asesor BAN PAUD Riau Kunjungi TK Merpati Exaudi

PASIRPENGARAIAN (MR) - Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (BAN PAUD) (BAN), Riau mendatangi yayasan TK Eksaudi Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, untuk melakukan Visitasi terhadap yayasan Merpati Exaudi.

Dua tim asesor ini adalah, Pauluzi M.Pd sebagai asesor I dan Rosmita S.Pd asesor II. Keduanya disambut oleh Ketua Yayasan TK Exsaudi, T. Nadapdap, Penasehat yayasan, J. Samosir dan Kepala TK Merpati Exaudi Diak Marsih, Selasa (6/8) di Desa Suka Maju, Kilometer 6, Kecamatan Rambah.

Pauliza menyampaikan, kedatangan kedua tim asesor bertujuan untuk menilai semua kegiatan yang diterapkan oleh Yayasan Merpati Exaudi.Salah satunya, apakah TK sudah menerapkan kurikulum 2013 yang sudah diatur oleh pemerintah pusat dan bagaiman TK Merpati ini bisa mengimplemantasikannya ke peserta didik. 

"Kita sifatnya hanya menilai kelayakan lembaga ini, apakah sesuai dengan juknis atau tidak. Dan dalam penilaian ada 6 aspek bidang pengembangan serta 8 standar penilaian yang perlu diperhatikan. Diantaranya, aspek perkembangan anak didik,aspek proses, aspek tenaga kependidikan dan pendidikan.

"Lebaga yayasan merapati ini punya satu tenga kependidikan dan 3 pendidik guru. Dan dari penilaian kita, TK merapati Exaudi ini sudah memenuhi standar kelayakan.Meskipun masih ada bebrapa hal penting yang harus dibenahi, seperti tidak adanya geometri balok untuk digunakan sebagai permaianan anak. Padahal dari geometri balok ini, anak-anak bisa menerapkan asepk sosial,"terangya sembari menyampaikan tim asesor melakukan visitasi ke TK dimulai dari pukul 6.30 - 16.00 wib.  

Selain perlunya penyedian geometri Balok, tim Asesor juga meminta yayasan merapti exaudi agar memperhatikan aspek seni, bahasa, dan aspek Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Kita melihat, guru TK sudah menerapkan berbagai aspek kepada anak-anak. Misalnya, aspek budaya. Para guru di TK Merapati Exaudi ini, sudah memperkenalkan kuda lumping dan seruling. Cara seperti ini sangat baik. Sehingga anak-anak memahami apa itu budaya dan tradis. 

Untuk aspek SDM, sambungnya, guru-guru TK merpati Exaudi ini masih belum relevan. Artinya, para guru TK belum  sarjana khusus dibidang PAUD. Nah, kedepan hal ini sudah harus dibenahi. Karena secara aturan, tenaga pendidik haruslah dari sarjana PAUD.

"Semua aspek akan kita nilai.Dan mudah-mudahan yayasan Merpati Exaudi ini bisa mendapatkan akreditas,"jelasnya.

Sementara, ditempat yang sama, Kepala Taman Kanak Kanak (TK) Merpati Exaudi, Diak Marsih menyampaikan banyak terimakasih atas kehadirian tim asesor BAN PAUD Riau ke TK merpati Exaudi. 

"Kehadiran tim asesor BAN ini sanagat kita tungu-tunggu. Sehingga kita mengetahui apa yang perlu dibenahi untuk TK merapati ini. Seperti tenaga SDM yang mengharuskan sarjana PAUD. Dan ini sudah kita laksanakan. Dan dalam waktu dekat tenaga pendidik di TK merpati ini sudah ada yang sarjana dibidang PAUD," terangya. (ber)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan