Riau

Disnak Pelalawan Belum Temukan Hewan Kurban yang Sakit dan Cacat

PANGKALANKERINCI (MR) - Satu Minggu menjelang perayaan Idul Adha 1440 H, Tanggal 12 Agustus 2019, Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Pelalawan akan memastikan hewan kurban yang saat ini mulai dipasrkan maupun yang telah sampai di masjid-masjid dalam keadaan sehat.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan, Asmedi Amri, Selasa (6/8).

"Tim Kita telah turun ke sentra penjualan hewan kurban maupun di mesjid dan tidak menemukan adanya hewan yang sakit maupun cacat," ujarnya.

Ia mengatakan lagi, hanya menemukan beberapa hewan yang lecet karena gesekan saat diangkut dari lokasi pembelian menuju sentra penjualan. 

"Kalau lecet dan luka memang ada kita temukan. Namun untuk cacat fisik belum ada," ucapnya.

Dalam penjelasannya, Asmedi menyebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi para penyalur hewan kurban agar ternaknya sesuai dengan aturan dan syariat agama.

"Hewan tersebut harus berkelamin jantan serta tidak diperbolehkan betina produktif. Kemudian cukup umur. Lalu sehat dan tidak cacat," terang Asmedi.

Dia juga mengimbau bagi masyarakat yang mau membeli hewan kurban maupun menerima sumbangan agar memperhatikan kondisi kesehatan hewan.

"Pemeriksaan ini sangat penting untuk melindungi warga masyarakat dari akibat penyakit hewan yang dikurbankan. Jadi sekali lagi, jangan pilih hewan cacat apalagi kurus," kata Asmedi mengakhiri. (ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan