Religi

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang Gelar Salat Idul Adha Sabtu Pagi

PADANG (MR) - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar salat Idul Adha, Sabtu (10/8/2019) pagi. 

Mereka menetapkan jatuhnya 10 Zulhijah 1440 Hijriah pada hari ini. Ratusan jamaah Tarekat Naqsabandiyah salat Id di Kampung Binuang, Kecamatan Pauh. Mereka ramai-ramai mendatangi Masjid Baitul Makmur.

Tokoh Naqsabandiyah Pauh, Buya Safri Malin Mudo mengatakan, penetapan Idul Adha ini berdasarkan perhitungan kalender hisab munjid yang dipercaya secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu oleh jamaah mereka.

"Meski selalu berbeda menetapkan Idul Adha dengan pemerintah, namun hal tersebut tidak pernah dipedebatkan oleh para jamaah," kata Buya Safri kepada wartawan di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumbar.

Menurut dia, perhitungan kalender hisab ini sudah menjadi tradisi. Lalu, diajarkan turun-temurun dari nenek moyang mereka, para penganut Tarekat Naqsabandiyah.

"Metode hisab munjid dengan menghitung 100 malam dari akhir bulan Ramadan hingga masuknya bulan Arafah. Dari sana didapati jatuhnya Idul Adha hari ini," ujarnya.

Suara takbir berkumandang di Masjid Baitul Makmur yang menjadi masjid jamaah Tarekat Naqsabandiyah. Warga yang datang menjalankan salat dengan khusyuk dan penuh nikmat. Imam salat dipimpin Buya Safri Malin Mudo.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan