Riau

Pagi Ini Hujan Turun Jarak Pandang 3 KM Titik Api 28

PANGKALANKERINCI (MR) - Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, jumlah titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten pelalawan hari ini meningkat tajam dari waktu sebelumnya.

Menurut BMKG, sebaran titik panas (Hotspot) di Kabupaten Pelalawan yang terpantau satelit Terra dan Aqua dengan  Confidence > 50% =40 titik. Sedangkan Confidence >70% yang lazim disebut titik api terdapat 28 titik.

"Titik api tersebut tersebar 1 titik di Kecamatan Langgam, 23 titik di Kecamatan Langgam dan 24 titik di Kecamatan Pangkalan Kuras," ujar Analis BMKG Sanya Gautami, Senin (12/8).

Untuk Jarak pandang BMKG merilis, Kabupaten Pelalawan untuk jarak pandang berkisar 3 KM. Kondisi diselimuti asap. 

Masih dikatakannya, hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sedang terjadi namun tidak merata yang dapat disertai petir di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan.

"Saat ini hujan turun di beberapa Kabupaten termasuk Pelalawan. Hujan dapat berlangsung hingga Jam 12.00 WIB," terang Sanya.

Walau demikian, masyarakat masih tetap beraktivitas seperti biasa. Sejumlah warga yang menggunakan kendaraan roda dua mulai ramai yang menggunakan masker. Aktivitas pendidikan dari berbagai tingkatan masih berjalan normal. Belum ada sekolah yang diliburkan terkait asap kebakaran lahan ini. (ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan