Nasional

BMKG Identifikasi Sembilan Daerah Berikut akan Diguyur Hujan lebat

JAKARTA (MR) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan, 13–15 Agustus 2019 di sembilan daerah di Indonesia.

Kasubag Hubungan Pers dan Media, Dwi Rini Endra Sari mengatakan, potensi hujan lebat terjadi menyusul adanya massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di beberapa wilayah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua.

Sementara daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang, kuat terdapat di wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua.

"Low Level Jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di wilayah Laut Andaman, Laut Arafuru, Laut Cina Selatan, Australia bagian utara hingga Laut Arafura bagian barat," kata Rini di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Menurut dia, kondisi tersebut menyebabkan beberapa daerah seperti Aceh, Sulawesi Tengah dan Papua berpotensi hujan lebat pada 13 Agustus 2019. Sementara, wilayah yang berpeluang hujan lebat adalah Sumatera Barat dan Papua pada 14-15 Agustus 2019.

BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat tersebut, selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan