Riau

Merihakan HUT RI ke 74, 6 Etnis di Rohul Tampilkan Tarian Tradisional Yang Memukau

PASIRPENGARAIAN (MR) - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-74 di Kabupaten Rokan Hulu, Riau berjalan lancar. Bahkan dalam perayaan tahun ini, enam etnis di Rohul turut memeriahkan parayaan bersejarah tersebut.

Usai Pengibaran Sang Saka Merah Putih, satu persatu dari 6 etnis itu turut  menampilkan tarian tradisional dari suku masing-masing di hadapan ratusan masyarakat Rohul, unsur Forkopimda serta unsur dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sabtu (17/8) di Halaman Kantor Bupati Rohul.

Enam etnis yang mempersembahkan tarian tradisinal itu adalah Suku Melayu, Suku Minang, Suku Mandailing, Suku Batak, Suku Aceh dan Suku Jawa.

Keunikan dari penampilan enam etnis itu mampu memukau hati masyarakat Rohul.Sehingga suasana perayaan yang bersejarah ini pun kian riuh dengan penuh semangat.Salah satunya ketika etnis minang menampilakan tarian piringnya.

“Perayaan HUT RI tahun ini cukup bagus. Pemerintah Daerah mampu menampilkan karya seni dan budaya dari berbagai etnis yang ada di Rohul. Dan ini menunjukkan masyarakat di Rohul mampu menerima keberagaman. Mudah-mudahan hal seperti ini dapat dipertahankan. Agar Rohul semakin maju,” ujar Rio (38) penuh harap di Komplek Pemda Rohul.

Sementara, Bupati Rokan Hulu H Sukiman menyampiakan rasa terimakasihnya serta memberi apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat atas terlibatanya di perayaan HUT RI ke-74.

“Hari ini adalah hari HUT RI ke 74. Artinya, sudah 74 tahun yang lalu para pendiri memperjuangkan negara ini. Tentu ini tidak mudah, Jiwa dan darah pun dipertaruhkan untuk merebut kemerdekaan ini dari tangan Jepang dan Belanda,”jelas H Sukiman

Dan sekarang,lanjutnya kita sudah bisa menikamati kemerdekaan dari para pendiri negara ini. Dan kita harus isi kemerdekaan itu. Dan tugas kita sebagai generasi penerus jangan melupakan sejarah. 

“Semangat penuh kebersamaaan sangat dibutuhkan untuk membangun. Tentunya sesuai dengan bidang masing-masing. Baik secara fisik dan rohani. Sehingga negeri kita lebih aman dan damai. Mari saling menghargai walaupun berbeda agma dan suku. Semunya harus bersatu. Pemerintah sudah menunjukkan hal itu melalui perayaan HUT RI saat ini. Yakni menampilkan berbagai seni budaya dari berbagai etnis yang ada di Rohul,”ungkap Bupati. (BER)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan