Riau

Bulan Depan, Bengkres Dijadwalkan Tampil di Yogyakarta

TEMBILAHAN (MR)- Bengkel Kreasi (Bengkres) Production akan Pentas tunggal di Taman Budaya Jogjakarta pada 4-5 Oktober 2019 mendatang. Naskah yang akan dipentaskan berdujul Perlawanan Tengku Sulung yang akan disutradara oleh Ari Musapia.

Naskah ini menceritakan perjuangan Tengku Sulung melawan Belanda pada pemerintahan kerajaan Riau-Lingga, atau yang biasa kita kenal dengan gelar Panglima Besar Reteh.

Untuk diketahui kisah kepahlawanan Tengku Sulung sudah sangat dikenal khususnya di riau, bahkan pahlawan Inhil-Riau ini sudah pernah diajukan sebagai pahlawan nasional namun masih belum memenuhi syarat.

Ketua Bengkres Roma Irama, S.Pi
mengatakan, penting mengangkat kembali tokoh pahlawan daerah dalam bentuk teater, karena bisa menjadi sarana transformasi nilai sejarah kepada generasi muda di Indragiri Hilir.

"Kitakan sanggar seni, dan kebudayaan, tentu perlu mengangkat cerita-cerita pahlawan inhil ke pentas seni khususnya teater. Seperti panglima Besar Reteh, ini adalah kebanggan kita. Kita generasi muda perlu mengambil nilai dan semangatnya," Ujar Roma.

Untuk diketahui, bengkres adalah organisasi yang aktif dibidang kesenian khususnya teater Sebelumnya pada tahun 2017 bengkres sukses mementaskan kisah sejarah di Tembilahan, Pekanbaru, dan Yogjakarta dengan naskah "Marhum Buantan" Yang menceritakan kisah kerajaan Siak Sri indra Pura.***(mir/rls) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan