Riau

HITKAD Gelar Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Kota Dumai

DUMAI (MR) - Seiring berkembangnya pembangunan industri di Kota Dumai, maka diperlukan tenaga skill yang mempunyai sertifikasi sesuai bidang kerja yang digelutinya.

Hal inilah yang membuat pengurus Himpunan Tenaga Kerja Kota Dumai (HITKAD) ingin meningkatkan kompetensi masyarakat Kota Dumai, khususnya bagi pengurus dan anggota yang tergabung dalam organisasi HITKAD untuk melaksanakan pembekalan dan uji sertifikasi di Kota Dumai.

Pembekalan dan uji sertifikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dilaksanakan oleh HITKAD bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dan KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh). Dilaksanakan mulai tanggal 12 – 14 September 2019 yang bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) jalan Putri Tujuh Kota Dumai secara gratis untuk masyarakat Kota Dumai dengan syarat mempunyai KTP Dumai. Jumlah peserta sertifikasi sebanyak 248 orang.

Tampak hadir dalam acara Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Dumai, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh dan Pengurus HITKAD. Pelatihan dan uji sertifikasi ini dibuka langsung oleh H. Suwandi selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai. Dalam sambutannya H. Suwandi memberikan ucapan terima kasih kepada HITKAD dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang sudah bersusah payah menyelenggarakan acara ini sehingga hari ini bisa terlaksana dengan baik.

"Saya selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai berharap masyarakat Kota Dumai dapat mengikuti pembekalan dan uji sertifikasi ini dengan maksimal dan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk mencari kerja di Kota Dumai," harapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Himpunan Tenaga Kerja Kota Dumai (HITKAD), Muhammad Nasir. Ia mengucapkan ribuan terima kasih kepada pengurus HITKAD yang bekerja siang dan malam untuk merekap data dan kelengkapan administrasi peserta sehingga terselenggaranya acara ini. Tak lupa ucapan terima kasih juga Ia sampaikan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Dumai, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Dumai, Irma Suryani dari Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh, dan Ketua DPH LAMR Kota Dumai yang telah bersedia memfasilitasi kami untuk kegiatan ini.

"Kita anak Dumai harus bisa bekerja di Kota Dumai dan jangan mau selamanya jadi penonton. Oleh sebab itu, kita harus mampu bersaing dengan orang yang datang dari luar Dumai dengan kemampuan dan skill kita anak Dumai yang dibuktikan dengan sertifikasi. Kita tidak akan diakui skill dan pengalaman kita walau berpuluh tahun bekerja tanpa adanya sertifikat yang kita miliki," tegasnya.

Ia berharap Semoga dengan adanya pembekalan dan uji sertifikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini, dapat mengurangi tingkat pengangguran bagi masyarakat Kota Dumai umumnya dan bagi anggota Himpunan Tenaga Kerja Kota Dumai (HITKAD) khususnya. 

 

Penulis: DIKA CP




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan