Riau

Bupati Amril Buka MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis di Mandau

DURI (MR) – Musabaqah Tilawatil Quran yang disingkat (MTQ) adalah sebuah festival pemuliaan kitab suci Al-Quran bagi umat islam yang diselenggerakan setiap Tahun mulai dari Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional hingga ke tingkat Internasional.

Pada Jum’at  malam 22 September 2019 Perhelatan MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis resmi digelar yang bertindak selaku tuan rumah ialah Kecamatan Mandau setelah 7 tahun menunggu pada Tahun 2019 ini  kembali mendapat amanah menjadi tuan rumah.

Perhelatan MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 di Kecamatan Mandau resmi dibuka oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang didampingi oleh Gubernur Riau yang diwakili Pj Sekdaprov Ahmad Syah Harofie, Sekda Bengaklis, Ketua LPTQ Bengkalis, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam, anggota DPRD Provinsi Riau, anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Kasdim 0303 Bengkalis, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Kakanwil Bengkalis, dan Camat Mandau Riki Rihardi.

Pada malam pembukaan MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis yang digelar di Kecamatan Mandau terlihat desain pada astaka utama sangat megah dengan dilengkapi cahaya lampu yang begitu mewah dan dilengkapi indahnya bunga disekeliling astaka.

Malam Pembukaan MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis tambah meriah dengan adanya penampilan dari Group marawis Alkafah, lalu penampilan group gambus modern dan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ustad Salman Amrillah yang juga merupakan Qori Internasional Tahun 2019 membuat suasana malam pembukaan festival pembacaan ayat suci Al–Quran Tingkat Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Mandau semakin hidup.

Pada MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Mandau yang digelar tepat depan Kantor Camat yang beralamat Jl. Sudirman No. 56 Duri ini mengusung tema ‘Kita Gali Potensi Generasi Qur’an Yang Berkualitas’.

Camat Mandau Riki Rihardi mengatakan Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kecamatan Mandau, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis atas kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis,” kata Riki Rihardi yang juga mantan Kabag Umum Setda Kabupaten Bengkalis.

Riki juga sangat optimis, melalui MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Bengkalis ini syiar Islam di Mandau akan terus dan terus berkembang.

“Sesuai dengan apa yang sudah kami sepakati dengan jajaran Pemerintah Kecamatan Mandau dan seluruh panitia demi terlaksananya dengan sukses MTQ ke- 44 Tingkat Kabupaten Bengkalis, biar tekor asalkan tersohor,” ungkapnya

Gubernur Riau yang diwakili oleh Pj. Sekdaprov Riau H. Ahmad Syah Harofie mengatakan Pada hari ini kita sudah mendengarkan lantunan pembacaan ayat suci Al-Quran dari Qori Internasional diharapkan agar dapat bagi kita semua mensiarkan agama islam dan bisa bagi kita semua termotivasi untuk mendidik anak-anak kita sendiri,” kata Pj. Sekdaprov Riau H. Ahmad Syah Harofie.

“Dari Tahun 2016 Pemerintah Provinsi Riau pada perhelatan MTQ sudah menentukan untuk para Qori maupun Qoriah asli dari anak watan Riau sendiri dan apabila Kabupaten Bengkalis ingin menjadi juara umum di MTQ Tingkat Provinsi harus para qorinya asli dari anak watan dari Negeri ini juga,” jelas Ahmad Syah Harofie yang juga pernah menjabat sebagai Pj Bupati Bengkalis.

Sementara itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan Melalui Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Tingkat Kabupaten Bengkalis ini, mari kita merefleksikan diri, berzikir dan bertafakur dalam membangun akhlak dan peradaban sehingga melahirkan generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, sosial, dan kecerdasan moral.

Lanjut Bupati Amril, perubahan sosial di masyarakat ditandai dengan berubahnya pola pikir, kebiasaan dan karakter yakni dari pemikiran yang sempit kepada pemikiran yang terbuka dan maju sebagai modal untuk membangun bangsa khususnya di Kabupaten Bengkalis.

“Perubahan Sosial masyarakat ini, tentunya sejalan dengan tema MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini, yakni membangun generasi berkarakter Qurani menuju masyarakat Kabupaten Bengkalis yang mandiri dan sejahtera,” terang Amril.

Amril juga mengutarakan Kami juga sudah menghimbau kepada seluruh Camat, agar bekerjasama dengan pengurus dan jamaah masjid serta seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan Sholat Istisqo secara berjamaah di wilayahnya masing-masing dengan mengkoordinasikan pelaksanaannya terlebih dahulu dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

“Dengan kondisi iklim yang cukup ekstrim saat ini, akibat kemarau panjang yang telah melanda Provinsi Riau menyebabkan kebakaran lahan dan hutan yang berakibat timbulnya bencana asap dimana-mana sehingga sangat berdampak besar bagi kesehatan masyarakat dan perekonomian di Daerah,” sebutnya.

Ditambahkan Amril, Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus bersinergi bersama TNI dan Polri dengan mengerahkan segala kemampuan untuk meminimalisir musibah besar yang melanda kita semua.

“Kita sudah maksimal, cara konvensional dan teknologi sudah dilakukan, tapi api masih saja ada. Mungkin ini cara Allah mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur dan introspeksi diri bahwa kita ini tidak ada apa-apanya jika ingin sombong atau takabur melupakan sang pencipta,” tuturnya.

Untuk itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghimbau agar masyarakat tetap menjaga ketertiban, kenyamanan dan kedamaian di Negeri Kabupaten Bengkalis.

Diluar musibah yang sedang dialami saat ini Amril juga menyampaikan beberapa prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Diantaranya prestasi tersebut Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendapat penghargaan dari organisasi pangan dunia atau Food And Agriculture organization (FAG). penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau zero accident.

Ada juga penghargaan dari Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) RI. tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga menorehkan prestasi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang keenam kali berturut-turut sejak tahun 2012 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau.

“Berkat komitmen dan kerja keras seluruh stakeholder di Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah maka prestasi dan penghargaan ini dapat kami raih selama memimpin Negeri Junjungan ini. Meskipun ada beberapa PR yang belum bisa dituntaskan, tapi tidak ada salahnya kita mengapresiasi keberhasilan-keberhasilan ini semoga prestasi yang kita raih pada hari ini menjadi ujung tombak bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Bengkalis yang sama-sama kita cintai ini,” pungkas Amril Mukminin yang juga mantan anggota DPRD Bengkalis dari Partai Golkar ini.

Turut hadir pada pembukaan MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkali, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Riau, H Ahmad Syah Harrofie, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Riau yang diwakili Edwar S Umar, Anggota DPRD Provinsi Riau Iwandi, Ketua Sementara DPRD Bengkalis H Khairul Umam, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY.

Lalu Hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Heru Winoto, Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto, Kasdim 0303/Bengkalis Mayor Inf Dedyk Wahyu Widodo, Staf Khusus Bupati Bengkalis Isa Selamat dan Suparjo.

Ikut hadir juga Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Bengkalis Hj Umi Kalsum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Maryansyah Oemar, Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis H Jumari.

Serta hadir Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri Zainudin Yusuf, Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri Sofyan Said, Ketua Baznas H Ali Ambar, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis H Amrizal, Camat Mandau Riki Rihardi dan Camat se-Kabupaten Bengkalis serta pejabat dan undangan lainnya serta official dan peserta kafilah 11 Kecamatan Se-kabupaten Bengkalis. (AS) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan