Riau

Pisah Sambut Kapolres Baru Dengan Pemkab Diisi dengan Cerita Indah dan Manis

Kapolres Pelalawan AKBP Hasyim Risahondua mendampingi Mantan Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan dan Istri saat memberikan kata sambutan perpisahan.

PANGKALANKERINCI (MR) - Pasca dilantiknya 11 Kapolres di lingkungan Polda Riau oleh Kapolda Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut di masing-masing polres pun bergulir. 

Untuk Pisah Sambut Kapolres dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, (30/9) malam.

Jabatan Kapolres Pelalawan yang baru diisi AKBP Hasyim Risahondua yang sebelumnya Kapolres Rokan Hulu (Rohul), sedangkan kapolres lama AKBP Kaswandi Irwan akan memangku jabatan baru sebagai Wakil Direktur (Wadir) Resnarkoba Polda Jambi.

Dalam pisah sambut tersebut terlihat hadir Bupati Pelalawan HM Harris, Wakil Bupati H Zardewan, Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, Mantan Ketua DPRD Pelalawan Nasaruddin, Ketua PN Pelalawan Nelson Angkat, Kejari Pelalawan Nophi T Suoth, Dandim 031/KPR Letkol Inf Aidil Amin, Ketua PA Pelalawan, 33 Pimpinan Paguyuban di Pelalawan, Ikatan-Ikatan Daerah Sumbar, Pimpinan Ormas dan Kepemudaan, Tokoh masyarakat, Adat dan Alim Ulama serta Cerdik pandai dan juga Pimpinan Perusahaan serta Warga masyarakat Pangkalan Kerinci.

Diawal acara, Kaswandi Irwan menyampaikan bahwa dirinya beserta keluarga sudah merasa menjadi orang Pelalawan. 

"2,5 tahun mengabdi hampir seluruh masyarakat cukup ramah dan penuh rasa kekeluargaan menerima saya dan keluarga, sehingga saya merasa tidak seorang Kapolres disaat berada di tengah-tengah mereka," ujar dia.

Masih katanya lagi, satu pesan kepada Kapolres baru bahwa di Pelalawan ada dua musim yang harus dipahami. 

"Kalau musim kemarau, akan ada bencana asap, sedangkan disaat musim hujan akan ada banjir. Inilah yang harus diantisipasi kedepannya," ungkap dia lagi.

Kemudian Kaswandi bercerita bagaimana saat dirinya awal menjabat sebagai Kapolres Pelalawan yang diberi tugas pertama oleh Kapolda Riau. 

"PR pertama saya adalah terkait macetnya jalan semenisasi di Bandar Seikijang yang mencapai 10 KM dan ini kabarnya sampai ke Jakarta. Saya harus berkantor di Polsek Bandar Seikijang. Alhamdulillah, semua bisa diatasi. Kita Carikan jalan keluarnya mencari cara mengatasi kemacetannya," pungkas dia.

Dalam kesempatan itu juga dirinya menyampaikan minta maaf bila ada yang kurang berkenan saat memimpin di kabupaten Pelalawan. 

"Saya pribadi dan keluarga menyampaikan maaf dan mohon doa restunya, semoga dapat menjalan tugas di Polda Jambi," ucapnya. 

Berbeda dengan Kaswandi, Kapolres AKBP Hasyim Risahondua, mengharapakan agar dapat diterima di Pelalawan.

Hasyim juga mengharapakan agar dapat bersama-sama dengan Pemkab Pelalawan dalam membangun serta menjaga Kamtibmas ditengah masyarakat.

"Saya titip anggota polri yang di Pelalawan ini kepada pemerintah agar dapat kiranya bersama-sama saling menjaga kondusifitas daerah," Tuturnya. 

Dijelaskannya lagi, kalau Kapolres lama PR pertama jalan semenisasi, tapi dirinya tugas pertama di Pelalawan mengatasi Karhutla. 

"Sama-sama berkantor di Bandar Seikijang di tugas pertama," ujar Hasyim yang disambut senyum oleh Kaswandi.

Diakhir sambutannya, Hasyim memohon dukungan dari lapisan masyarakat maupun Pemkab Pelalawan agar dapat melaksanakan tugas denga ln sebaik-baiknya.

"Saya mohon apa yang telah diberikan kepada Kapolres lama hendaknya demikian juga jeoada dirinya agar dapat bersama-sama membangun Pelalawan," kata Hasyim mengakhiri.

Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya juga sangat mengharapkan kerjasama dalam membangun Pelalawan. 

"Semogalah apa yang telah dibuat Kapolres lama akan dapat diteruskan oleh Pak Hasyim," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati mengucapkan selamat jalan Kepada Kapolres lama dan selamat bertugas kepada kKapolres yang baru.

"Selamat jalan pak Kaswandi, semoga kita dapat bertemu kembali di Riau, dan jeoada pak Hasyim semoga dapat meneruskan apa yang telah digariskan pak Kaswandi," kata Bupati mengakhiri.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian cidera mata dari pemkab, organisasi massa maupun perusahaan dan perseorangan kepada Kapolres lama AKBP Kaswandi Irwan. (ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan