Pariwisata

Sensasi Wisata ''Sesai'' di Pantai Pulai Bungkuk Indah

Sensasi Wisata ''Sesai'' di Pantai Pulai Bungkuk Indah

DUMAI (MR) - Dumai hanya dikenal sebagai kota industri, yang menjadikan pusat perekonomian baik untuk warga Dumai maupun pendatang yang silih berganti datang di kota ini. 

Selain unggul di bidang industri dan jasa, Dumai mempunyai kelebihan di bidang perkebunan. Kota Dumai juga sedang dalam pengembangan di bidang pariwisata. Dengan garis bibir pantai yang panjang berdekatan dengan negeri jiran Malaysia. 

Pada umumnya kita mengenal pantai dengan ciri khas pasir yang putih, namun di Kota Dumai ada Pantai berpasir hitam yaitu Pulai Bungkuk Indah. Pantai ini terletak di kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai.

Pasir hitam ini terbentuk karena Sesai yang melapisi di sepanjang bibir Pantai Pulai Bungkuk Indah. Sesai berasal dari serpihan kayu bakau yang hanyut terbawa arus air pasang hingga terbawa ke bibir pantai pulai bungkuk, bentuknya hitam seperti arang namun tidak lengket di tangan. 

Asal mula nama Pulai Bungkuk ini sendiri, pulai itu adalah salah satu pohon hutan yang berfostur ringan. Dari daun hingga kulitnya mengeluarkan getah berwarna putih dan kayunya berwarna putih kekuningan. 

Dinamakan Pulai Bungkuk ini sewaktu pembuka kampung menemukan sebatang pohon pulai yang tumbuh di tepian pantai ini, dan pulai tersebut membungkuk kearah laut maka di berilah nama Pulai Bungkuk. 

Pantai pulai bungkuk indah ini masih tergolong baru 11 bulan berjalan dan jadi destinasi pilihan yang menarik di kota dumai yang banyak di kunjungi.

Untuk biaya masuk ke pantai Pulai Bungkuk Indah ini wisatawan/pengunjung hanya cukup membayar kendaraan saja untuk roda 2 Rp. 10.000,- dan untuk Roda 4 Rp. 20.000,-.

Hal yang menarik di Pantai Pulai Bungkuk ini selain pantai nya yang landai juga banyak disiapkan spot-spot foto dan ayunan sangat pas untuk instagramable dan kaum milenial dapat berkunjung kesini. 

Setiap harinya banyak wisatawan atau pengunjung yang datang ke pantai ini. Setiap hari biasa mencapai 50-100 orang pengunjung dan yang lebih ramai di saat akir pekan bisa lebih dari 500 orang pengunjung yang menikmati nuansa alam pantai Pulai Bungkuk Indah ini. 

Kedepan rencana pengelola pantai akan menyediakan wahana olahraga sepeda air, yang bisa di nikmati masyarakat kota dumai maupun dari luar dumai. 

Makanan dan minuman yang di sediakan berbagai pilihan mulai dari makanan laut dan makanan siap saji lainnya serta air kelapa muda yang segar khas Pulai Bungkuk. 

Dengan hadirnya pantai ini sangat membantu perekonomian masyarakat di sekitar pantai dengan berjualan/usaha(UKM) di sekitar area pantai pulai bungkuk indah sangat membantu dan mengurangi jumlah penganguran di Kota Dumai. 

Jika pengunjung penasaran dan ingin melihat langsung ke Pantai Pulai Bungkuk Indah bisa datang di Jl. Arifin Ahmad, lalu masuk Jl. Pulai Bungkuk RT. 01 kelurahan Mundam Kecamatan Medang Kampai Kota Dumai atau bisa langsung menghubungi pengelola Pantai Pulai Bungkuk Indah Azhari Ismail 08126717465. 

Penulis: Anto Lebong




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan