Riau

Cegah Potensi Konflik, FKDM Dumai Gelar Sosialisasi

FOTO BERSAMA : Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kota Dumai, Muhammad Abduh, berfoto bersama dengan Ketua FKDM Kota Dumai Mardayulis, Pasi Intel Kodim 0320 Dumai Kapten (Inf) Eri Susanto, Kasat Binmas Polres Dumai AKP. Agustinus Candra,***el

DUMAI (MR) - Untuk mencegah terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Dumai gelar sosialisasi. Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan di kantor sekretariat FKMD atau tepatnya di lantai III STMIK-AMIK Dumai Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Duai Timur, Senin (17/10).

Kegiatan itu secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kota Dumai, Muhammad Abduh dan dihadiri sejumlah perwakilan Forkorpimda seperti Pasi Intel Kodim 0320 Dumai Kapten (Inf) Eri Susanto, Kasat Binmas Polres Dumai AKP. Agustinus Candra, Ketua FKDM Kota Dumai Mardayulis serta perwakilan paguyuban di Kota Dumai.

Sosialisasi ini dikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti tokoh masyarakat, perwakilan mahasiswa seluruh perguruan tinggi di Kota Dumai, dan unsur forkorpimda dilingkungan pemerintah Kota Dumai.

Ketua FKDM Dumai, Mardayulis mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi digelar sebagai langkah untuk meningkatkan kewaspadaan, ketertiban, dan keamanan masyarakat di Kota Dumai. Selain itu untuk mengantisipasi gangguan yang mengancam persatuan. "Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan bagi masyarakat agar memahami keamanan dan ketertiban, serta agar lebih cepat dan tepat dalam memberikan informasi mengenai suatu kejadian,"ujarnya.

Menurutnya, keberadaan FKDM didukung oleh seluruh unsur Pemerintah, Polri dan TNI di Kota Dumai. Sebagaimana kita ketahui, banyak kejadian yang tidak dinginkan terjadi di lingkungan masyarakat. Nah, ini adalah salah satu langkah dan upaya kita  menggulanginya agar situasi Kota Dumai tetap kondusif,"papar Mardayulis yang juga selaku Kepala STMIK-AMIK Dumai.

Sosialisasi yang digelar, kata Mardayulis, membicarakan tentang potensi konflik sosial di masyarakat, deteksi dini gangguan dan ancaman sosial, serta sosialisasi peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini. "Dalam waktu dekat, di masing-masing Kecamatan dan Kelurahan di Kota Dumai akan segera dibentuk FKDM. Sementara ini FKDM yang ada baru tingkat Kota Dumai,"tambahnya.

Sementara Walikota Dumai dalam arahannya yang disampaikan Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kota Dumai, Muhammad Abduh mengatakan, bahwa keberada FKDM di Kota Dumai sangat perlu guna membantu pemerintah daerah dalam upaya mengantisipasi terjadinya konflik di tenggah-tenggah masyarakat. 

Namun demikian, tambahnya, dibutuhkan komunikasi antara pemerintah, forum, dan masyarakat agar informasi yang ada bisa cepat diketahui dan jika terjadi permasalahan dapat segera ditanggulangi. "Mari sama-sama kita tingkatkan keamanan dan kewaspadaan agar Kota Dumai tetap kondusif,"ajaknya. 

Muhammad Abduh berharap, FKDM dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga kerukunan masyarakat Kota Dumai senantiasa terjaga.(el)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan