Pendidikan

Puluhan Jurnalis Ikuti Penyuluhan Bahasa Indonesia Yang Ditaja Balai Bahasa Riau

PANGKALAN KERINCI (MR) - Dalam rangka penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, Balai Bahasa Kantor Kemendikbud Provinsi Riau, menggelar penyuluhan bahasa Indonesia bagi Media Massa di Kabupaten Pelalawan, bertempat di Grend Hotel, Pangkalan Kerinci, Sabtu (12/10).

Terlihat puluhan wartawan dari berbagai media baik online maupun cetak begitu juga  dari penyiar radio serta Kontributor Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Pelalawan dengan tekun mengikuti.

Penyuluhan Bahasa Indonesia ini dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pelalawan, Hendri Gunawan ditemani Kepala Balai Bahasa Indonesia Kantor Kemendikbud Provinsi Riau, Drs Songgo Siruah, Kepala Bidang Media Diskominfo, Abizar, Pemateri Penyuluhan Bahasa, Dra. Sri Sabakti.

Dalam sambutan singkatnya, Kadiskominfo Plt Hendri Gunawan menyampaikan penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi para jurnalis baik itu dari media online, cetak maupun penyiar radio.

"Jadikan ini sebuah pengalaman dan memperbaiki diri dalam menulis yang sesuai dengan kaedah bahasa Indonesia," ujarnya.

Masih kata dia, dengan adanya penyuluhan ini para peserta akan dapat memahami bagaimana menulis dengan baik dan benar, sehingga para pembaca dapat disuguhi sebuah karya tulis yang dapat dipahami dan dimengerti.

"Tentunya ini akan dapat menambah kualitas para penulis dalam menghasilkan sebuah berita," ucap dia lagi.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Kemendikbud Provinsi Riau, Drs. Songgo Siruah, mengatakan insan pers harus menyajikan berita dengan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI).

"Apabila kurang dalam pemahaman maupun ejaan dapat digunakan KBBI sehingga mutu penulisan itu tetap terjaga," terangnya.

Dijelaskannya lagi, ejaan bahasa Indonesia itu sudah baku dan harus dipahami juga dimengerti sehingga hasil tulisan itu dapat dimengerti oleh pembaca.

"Dengan penulisan yang sesuai dengan bahasa yang baku tentunya ini menjadi bukti kemampuan seorang penulis dalam menyampaikan pesan kepada para pembacanya," katanya mengakhiri.

(ton).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan