Riau

Sekretariat DPRD Dumai Gunakan Foto Ilegal di Baliho Pelantikan Pimpinan Dewan

Baliho pelantikan pimpinan DPRD Dumai terlihat dicopot usai diprotes oleh pemilik foto, Toy Jepreter

DUMAI (MR) - Sekretariat DPRD Dumai menggunakan foto-foto 30  anggota DPRD di baliho untuk acara pelantikan pimpinan DPRD Dumai Senin besok. 

Namun foto tersebut ilegal dan belum mendapat izin dari pemiliknya yakni Toy Jepreter yang juga salah seorang pimpinan media siber di Kota Dumai. 

Toy alias Hendry Kuswoyo menganggap sekretariat DPRD Dumai tak beretika dan telah melakukan  pelanggaran hak cipta miliknya. 

"Mereka (DPRD) gunakan foto saya tanpa izin, ini sudah pelanggaran Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang hak cipta, " Ujar Toy Minggu (20/10/2019). 

Dikatakan Toy lagi, baliho DPRD Dumai itu terpampang di Jalan Sultan Syarif Kasim tepatnya di depan jalan Bintan. 

Melihat baliho itu, Toy menghubungi pihak yang mengerjakan proyek baliho itu. Namun pihak tersebut mengaku mendapatkan foto dari sekretariat dewan. 

"Jelas saya keberatan, ini sudah pelanggaran hak cipta. Pihak sekretariat dewan dan pihak yang mengerjakan padahal tau itu foto saya, tapi mereka tak ada etika. Tak ada komunikasi langsung, " tukas Toy geram. 

Toy mengakui foto-foto tersebut memang sebelumnya diserahkannya kepada sekretariat DPRD Dumai, namun bukan untuk keperluan proyek baliho. 

"Memang foto itu darisaya, mereka yang minta untuk kebutuhan sertifikat orientasi dewan, bukan seenaknya dipakai untuk yang lain, " Jelas Toy. 

Lebih lanjut Toy mengungkapkan segala kegiatan dokumentasi fotografi, baik itu pelantikan DPRD Dumai maupun dokumentasi foto personal dari mini studio miliknya belum diserahterimakan seutuhnya kepada sekretariat DPRD Dumai. 

"Artinya mereka belum menyelesaikan kewajibannya dan hak saya juga belum saya peroleh. Jadi jelas semua foto-foto masih jadi hak cipta saya," pungkasnya. 

Setelah diprotes, akhirnya baliho dewan di Jalan Sultan Syarif Kasim itu dicopot sekitar jam 15.00 WIB. Entah perintah siapa Toy juga belum mengetahuinya. (Red/MR) 

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan