Riau

Wako Dumai Jaring Aspirasi Masyarakat Sungai Sembilan

Walikota Dumai H. Zulkifli As menyampaikan paparan kepada masyarakat Sungai Sembilan***

DUMAI (MR) - Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS. M.Si mengadakan pertemuan dan ramah tamah dengan tokoh Masyarakat, RT dan Ketua LPMK se Kecamatan Sungai Sembilan, guna menjaringi aspirasi masyarakat, Jumat (21/10) kemarin.

Kegiatan itu juga bertujuan untuk mengetahui kendala teknis dan masalah yang terjadi di tengah masyarakat guna merealisasikan Visi dan Misi Pemerintah Kota Dumai, yakni "Mewujudkan Kota Dumai Menuju Masyarakat Makmur dan Madani".

Dalam pertemuan tersebut, Wako didampingi Sekdako Dumai H. Said Mustafa, Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra H. Dermawan, para Kepala Dinas, Kantor dan Badan serta Camat dan Lurah se Kecamatan Sungai Sembilan

Walikota (Wako) Dumai sebelumnya telah melakukan pertemuan dan ramah tamah ke 6 (enam) Kecamatan yang ada di Kota Dumai, seperti Kecamatan Dumai Barat, Dumai Timur, Dumai Selatan, Medang Kampai, Dumai Kota, dan Kecamatan Bukit Kapur. Sungai Sembilan merupakan Kecamatan terakhir di kunjungi dengan tujuan membilas kembali dan untuk ditindaklanjuti jika ada aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat belum terdaftar masuk dalam perencanaan "Musrenbang".

Hal ini merupakan salah satu bentuk pelayanan prima dengan teknik jemput bola, agar percepatan pembangunan segera terealisasi sekaligus perencanaan pembenahan sistem pelayanan masyarakat agar lebih baik lagi

Dalam pertemuan itu banyak sekali permasalahan dan kendala teknis yang disampaikan oleh masyarakat tentang pelayanan, baik dibidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Pengangguran, Pelayanan KTP elektronik hingga sampai permasalah Narkoba di Kota Dumai.

Wako menjelaskan, bahwa salah satu kendala pelayanan yang terjadi selama ini adalah keterbatasan anggaran. "Kota Dumai memiliki anggaran terkecil se Propinsi Riau dan dituntut 20 persen untuk penunjang Pendidikan, 10 persen untuk penunjang Kesehatan, 60 persen untuk belanja habis pakai dan gaji pegawai. Kemudian sisanya dibagi-bagi untuk pembangunan dan lainnya, maka dari itu perkembangan pembangunan di Kota Dumai terkesan lambat,"ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Zul As, roda Pemerintahan tidak terhenti begitu saja. "Upaya-upaya semaksimal mungkin tetap dilaksanakan agar Kota Dumai menjadi lebih baik. Untuk itu pemerintah Kota Dumai merangkul berbagai elemen dan pihak swasta agar ikut andil dalam membangun Kota Dumai, salah satunya melalui program CSR dan lain-lain,"ungkap Wako. 

Pada kesempatan itu, Wako juga menyampaikan masalah jalan lingkar Parit Kitang sebagai penghubung Simpang Batang ke Lubuk Gaung Kecamatan Sunagi Sembilan dengan panjang sekitar 20 KM yang masuk kategori jalan pemerintah pusat, saat ini kondisinya masih terhalang masalah RTRW karena jalan itu masih termasuk wilayah hutan dan untuk pembebasanya butuh proses yang panjang.

"Mudah-mudahan tahun 2017, prosesnya akan clear dan anggaranya segera turun. Jalan ini nantinya akan dilintasi khusus oleh kendaraan berat dan pengangkut CPO sehingga jalan masyarakat tidak terganggu lagi,"jelasnya.

Terkait masalah Narkoba, Wako mengatakan Kecamatan Sungai Sembilan merupakan daerah yang sangat-sangat rawan terhadap peredaran narkoba karena banyak terdapat sungai-sungai kecil yang dijadikan pintu masuk oleh para pengedar. Hal itu diketahui berdasarkan laporan dari pihak petugas hukum wilayah setempat serta masyarakat.

Mengingat keterbatasan kemampuan pihak pemerintah dan pihak hukum, maka Wako Dumai mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut serta dan pro aktif dalam mendukung pemberantasan narkoba. 

"Jangan diam saja, apabila mengetahuinya laporkan segera ke pihak yang berwenang. Tanpa bantuan masyarakat kita bukan apa-apa, kita semua tidak ingin keluarga kita ikut dalam jaringan narkoba baik pemakai maupun pengedar,"harap Zul As*** (el)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan