Riau

Paripurna II SIDa Untuk penguatan Klaster Industri Pariwisata Pelalawan

PANGKALAN KERINCI (MR) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar kegiatan bertajuk Paripurna Sitem Inovasi Daerah (SIDa) dengan tema “Inovasi  Untuk  Penguatan Klaster  Industri  Pariwisata" bertempat di Aula Lantai II, Kantor Bappeda Kabupaten Pelalawan, Selasa (12/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati Pelalawan HM Harris menyebutkan tujuan akhir dari pembangunan Kabupaten Pelalawan adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan.

"Kesejahteraan hanya dapat terwujud bila pemerintah beserta masyarakat dapat saling bersinergi meningkatkan produktifitas dan daya saing yang tinggi," ujarnya.

Ditekankan Harris lagi, Kabupaten  Pelalawan tengah  berupaya  untuk  menata  pembangunan  dari berbagai  sektor termasuk  diantara  pembangunan  dibidang kepariwisataan.  

"Berbagai  potensi  pariwisata yang  dimiliki  diharapkan dapat melahirkan inovasi baru guna menunjang program strategis Pemkab menuju Pelalawan EMAS," ungkap Bupati Harris.

Dijelaskannya lagi, Visi EMAS merupakan wujud Kabupaten Pelalawan yang maju dan sejahtera, melalui gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan yang mandiri dalam ekonomi, aman dan sejahtera dalam kehidupan sosial dan kemasyarakatan.

"Mandiri dalam bidang ekonomi berarti memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi sebagai tujuan akhir dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan," kata dia lagi.

Kata Ia lagi, Pemerintah berkomitmen dalam mengembangkan inovasi yang diterapkan setiap OPD dalam memacu setiap perangkat  daerah untuk melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka menunjang pembangunan sesuai dengan kebutuhan daerah.

"Melalui penguatan SIDa pendekatan pembangunan daerah yang dilakukan secara terorganisir dan sistematik dan didukung dengan inovasi, akan melahirkan pembangunan yang bersinambungan," katanya mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Badan Peneletian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Pelalawan Ir Arizal menjekaskan, penguatan dan pengembangan sistem inovasi merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas prncapaian target-target pembangunan khususnya di Kabupaten Pelalawan. 

"Tujuan pelaksanaan paripurna II koordinasi sistem inovasi daerah ini, untuk mengkoordinasikan seluruh hasil anggota tim koordinasi dan kelompok kerja penguatan SIDa di Kabupaten Pelalawan  dengan seluruh stakeholders dalam mendukung penguatan sistem inovasi di Kabupaten Pelalawan. Dimana ending akhir dari pembangunan Kabupaten Pelalawan tentunya menciptakan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan. Untuk mencapai daya saing yang tinggi, diperlukan upaya-upaya pembaharuan baik dalam cara berpikir maupun  dalam bekerja serta adanya sinergi pengembangan produk sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah," pungkasnya.***(ton)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan