Riau

Dinas PMPTSP Belum Pernah Keluarkan Izin Soal Tambak di Sungai Cingam

RUPAT (MR) - Pulau Rupat merupakan pulau terluar di Provinsi Riau yang berdekatan dengan Negara tetangga Malaysia dan memiliki hutan mangrove maupun bakau yang sangat luas. Namun, hutan di pesisir pulau tersebut terancam rusak dan punah, akibat ulah pengusaha bisnis yang ingin meraup keuntungan besar.

Kegiatan bisnis yang mengancam hutan dipesisir laut di pulau Rupat terancam punah tersebut seperti adanya tambak udang yang berada tepat dibibir pantai ketapang atau berada di Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis yang merambah puluhan hektar Pohon Bakau yang berada disekitarnya.

Atas permasalahan Tambak Udang yang ada di Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, Wartawan mencoba meminta keterangan dari Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Bengkalis, Basuki Rahmat terkait permasalahan izinnya.

“Kami dari Dinas PMPTSP belum ada mengeluarkan izin kepada pengusaha Tambak Udang di Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat,” tegas Kadis PMPTSP Kabupaten Bengkalis Basuki Rahmat Senin (18/11/2019).

Dikatakan Basuki, Kalau menurut informasi dari Kepala Bidang (Kabid) sekarang mereka sedang mengurus untuk pemakaian tempat di BPN namun belum dapat kami pastikan apakah urusan disana selesai atau tidak.

Ditambahkan Basuki, Kalau masalah untuk mengeluarkan izin usaha tentu harus ada surat dasar dari Pemerintah Desa kalau tidak bagaimana bisa Pemerintah Kecamatan memberikan rekomendasi kepada kami untuk menerbitkan izin suatu usaha.

“Kalau permasalahan Tambak Udang di Desa Sungai Cingam tersebut masuk kedalam Hutan Register (Lindung) kita akan koordinasi terlebih dahulu kepada pihak KLHK apabila benar masuk kita tidak berani mengeluarkan izin tambak udang tersebut dan dapat dipastikan kami pihak PMPTSP akan memvakumkan usahanya,” pungkas Basuki Rahmat yang juga mantan Camat Mandau ini.***(AS)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan