Riau

Bupati Bengkalis Intruksikan Tingkatkan Fungsi Posyandu di Desa

DURI (MR) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menginstruksikan seluruh desa, tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan fungsi Posyandu di desa masing-masing, sehingga tak ada Balita (Bawah Lima Tahun) di daerah ini yang semakin meningkat dalam kebutuhannya.

Bupati Amril kompilasi mencanangkan Gerakan Bupati Timbang Balita (TIBA) di Desa tingkat Kabupaten Bengkalis.

Pencanangan Gerakan Bupati TIBA di Desa tersebut dipusatkan di Kantor Kelurahan Talang Mandi, Kecamatan Mandau, jalan Jenderal Sudirman Duri, Selasa, 19 November 2019.

“Peran Posyandu dalam Penanggulangan Stunting Penting, Prioritas Pencegahan Stunting pada Masa Balita,” pesannya, mengingatkan.

Sebab, sambung Bupati Amril, di Posyandu, melalui kurva pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat), pertumbuhan dan perkembangan bayi dan Balita dapat dipantau setiap bulannya dengan baik.

“Bila ada Balita Yang mengalami permasalahan pertumbuhan DAPAT dideteksi sedini mungkin, sehingga TIDAK Jatuh PADA permasalah pertumbuhan Kronis ATAU stunting,” jelasnya.

Mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir ini meminta orang tua di daerah ini untuk meluangkan waktu mengantar pergi ke Posyandu setiap bulannya.

Masih menurut Bupati Amril, penimbangan merupakan langkah awal dalam kegiatan utama program perbaikan gizi anak.

Penimbangan Balita dilakukan satu bulan sekali di Posyandu merupakan salah satu indikator yang sangat penting dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan Balita.

Untuk mengetahui apakah bayi atau Balita tumbuh sehat. Untuk memahami dan mencegah gangguan pertumbuhan.

Kemudian, untuk mengetahui kapan Balita sakit, kelengkapan imunisasi dan verifikasi keberadaan gizi buruk dan gizi kurang.

Serta, jika terjadi tantangan pertumbuhan Balita, segera dapat dilakukan penyuluhan gizi serta bantuan dini. Bagaimana cara mengatasi masalah gizi pada anak maka akan mengurangi risiko kematian Balita.

“Sesibuk apapun, luangkan waktu untuk mengantar putra-putri kita yang Balita ke Posyandu, agar kita tahu bagaimana menumbuhkan kembang buah hati kita dengan baik. Banyak Manfaatnya kalau Balita kita setiap bulan dibawa ke Posyandu," imbau Bupati Amril.

Selain Kadis Kesehatan Ersan Saputra, ikut hadir dalam pencanangan Gerakan Bupati TIBA di Desa, ikut, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Camat Mandau Riki Rihardi, dan Lurah Talang Mandi Zama Rico Dakanahay.

Lalu, Kepala UPT Puskesmas Duri Syafrida Anggie Siswely, dan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dari Fraksi Prtai Golkar Hendri Hasibuan.

Pada kesempatan tersebut, selain berpartisipasi langsung dalam kegiatan penimbangan, Bupati Amril bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmrni, juga menugaskanngani Komitmen Bersama “Gerakan Timbang Balita di Desa dan Kelurahan”.

Selain penandatanganan Komitmen Bersama, Pencanangan Gerakan Bupati TIBA di Desa di Talang Mandai tersebut, ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni.***(AS)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan