Riau

GNPDAS Kepri Tanam Pohon di Daerah Aliran Sungai

TANJUNGPINANG (MR) - Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Badan lingkungan hidup dan kehutanan Provinsi Kepri mengadakan kegiatan penanaman pohon di daerah aliran sungai di pulau Dompak, kamis (28/11/2019).

Kegiatan dalam rangka peringati hari GNPDAS itu dibuka oleh Asisten I Pemprov Kepri Raja Ariza dan dihadari oleh Pejabat Pemprov dan Kabupaten se-Kepri, Unsur Forkopimda dan undangan lainnya.

Sebagaimana diketahui, GNPDAS merupakan sebuah gerakan yang diisolasi oleh pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memulihkan hutan dan lahan demi penyelamatan sumber daya air.

"Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai setiap tahun diadakan dan pada tahun 2019 ini kita mengambil tema Pulihkan Lahan, Membangun Masa Depan," ungkap Raja Ariza.

Menurutnya, berbagai upaya pengelolaan sumber daya lahan, termasuk dengan penanaman pohon harus di pandang perspektif lebih strategis dalam perubahan simbolisasi dan harus di maknai sebagai mementum pemulihan DAS, sebagai sebuah benteng alam.

Kita semua maklum bahwa lahan yang merupakan sumber daya hutan ,tanah, air merupakan modal utama kesejahteraan masyarakat dan juga generasi masa kini dan generasi masa depan , pada sangat ini kita mempunyai lahan kritis 14juta hektar tersebar di 17 ribu DAS di Indonesia.

"Dan lahan kritis ini harus kita pulihkan dengan membangun, bangunan konservasi tanah dan air seperti teras DaN penahanan, gully plug embung serta mengembangkan usaha tani konservasi seperti agroforestri," tambahnya.

Sementara itu, ketua pelaksana Bontor L Tobing .S.hut.M.sc mengharapkan kepeda kompenen kompenen masyarakat untuk menanam pohon di daerah aliran sungai karna pada bulan Oktober November dan Desember masuk musim penghujan.

"kita juga berkerja sama dengan kantor imigrasi kota Tanjungpinang kata Bontor bagi yang mau membuat paspor kita ajak untuk menanam pohon di sungai pulai," katanya.

Dan kantor BLHK Kepri juga menyediakan pohon-pohon untuk masyarakat yang mau menaman pohon silakan datang kekantor jika mau.***(ruddi)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan